MOTIVASI PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE SHOPPING PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Motivasi Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Online Pada Instagram)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan aktivitas
online shopping yang berdampak langsung terhadap tingginya pembelian impulsif pada
instagram. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswi dari beragam universitas di Kota
Bandung. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitiatif guna mendeskripsikan secara
menyeluruh dan mendalam mengenai motivasi pembelian impulsif dalam aktivitas online
shopping pada instagram. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan
menggunakan tehnik wawancara mendalam serta observasi dalam proses pengumpulan hasil
penelitan. Hasil penelitian menunjukan adanya motif utilitarian atau motif irrasional yang
mendominasi argumentasi para informan yang kerap melakukan pembelian impulsif.
Karakteristik pribadi yang mempengaruhi adalah umur dan daur hidup, pekerjaan, situasi
ekonomi, gaya hidup dan konsep diri. Sedangkan, faktor eksternal yang paling mempengaruhi
adalah faktor lingkungan. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan motivasi pembelian
impulsif dalam kegiatan online shopping adalah hadirnya hasrat hedonistik, kebutuhan self
esteem dan self actualization, persepsi konsumen terhadap pengambilan keputusan dan
persepsi konsumen terhadap keputusan. Selain itu, peneliti menemukan keberalihan cara
pandang setiap konsumen terhadap suatu produk. Para konsumen tidak hanya melihat dari
fungsinya saja sebagai suatu kebutuhan, namun, melihatnya sebagai alat pemenuhan
kepuasaan dan pengaktualisasian diri.
Kata kunci: motivasi belanja, online shopping, pembelian impulsif, instagram
Abstract
This study aims to determine the motivation of consumers in conducting online shopping
activities that have a direct impact on the high impulsive purchases on Instagram. The sample
of this research is a student from various universities in Bandung. Researchers use a
descriptive qualitative method to describe thoroughly and deeply about the motivation of
impulsive purchases in online shopping activities on Instagram. This research uses
constructivist paradigm and uses in-depth interview technique also observation in process of
collecting research result.The results showed the existence of utilitarian motives or irrational
motives that dominate the argument of informants who often make impulsive purchases. The
personal characteristics that affect are age and life cycle, occupation, economic situation,
lifestyle, and self-concept. Meanwhile, the most influencing external factors are
environmental factors. Therefore, the researcher concludes impulsive buying motivation in
online shopping activity is the presence of hedonistic desire, self-esteem requirement, and self
actualization, consumer perception toward decision making and consumer perception to a
decision. In addition, researchers found in the way consumers perceive a product. Consumers
2
not only see from function only as needs, however, see it as a means of fulfillment of
satisfaction and self-actualization.
Keywords: shopping motivation, online shopping, impulse buying, Instagram
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
BUKU
Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media
Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian
Komunikasi: Prosedur, Tren, dan
Etika. Bandung: Simbiosa
Rekatama Media
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu,
Teori, dan Filsafat Komunikasi.
Bandung: PT. Citra Adtya Bakti
Evans, W. D. 2008.Social Marketing
Campaigns and Children’s
Media Use, The Future of
Children 181-203
Kriyantono, Rachmat, 2008. Teknik Praktis
Riset Komunikasi. Jakarta:
Kencana (Prenada Media Group)
Lievrouw, Leah A. & Sonia Livingstone.
(2006) .Handbook od New Media:
Social Shaping and Social
Consequences of ICTs. London:
Sage Publications
Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.
Teori Komunikasi (Theories
of Human Communication) edisi
Jakarta: Salemba Humanika.
Mufid, Muhamad. 2009. Etika dan Filsafat
Komunikasi. Jakarta: Kencana
Mulyana,Deddy, 2005. Ilmu Komunikasi:
Suatu Pengantar. Bandung:
Remaja Rosdakarya
McQuail, Denis. (2010) .Teori Komunikasi
Massa. Jakarta : Salemba
Humanika
Nasrullah, Dr. Rulli. (2015).Media Sosial:
Perspektif Komunikasi Budaya
dan Sosioteknologi. Bandung:
Simbiosa Rekatama Media.
Peter, Paul, Jerry Olson. 1999.
ConsumerBehavior: Perilaku
Konsumen dan Strategi
Pemasaran. Jakarta Erlangga.
Rakhmat, Jalaludin. 2012. Psikologi
Komunikasi. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Satori, Komariah. 2012. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung:
Alfabeta
Sangadji, Sopiah. 2013. Perilaku
Konsumen (Pendekatan Praktis).
Yogyakarta: CV Andi Offset
Schiffman, Leon, G.,Leslie Lazar Kanuk.
Consumer Behavior: Seventh
Edition. Prentice-Hall:New
Jersey
Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku
Konsumen (Perspektif
Kontemporer pada Motif, Tujuan
dan Keinginan Konsumen).
Jakarta: Kencana
Q-Anees, Elvinaro. 2009. Filsafat Ilmu
Komunikasi. Bandung: Rekatama
Media
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&B.
Bandung: Alfabeta
Solis, Brian. (2010) .Engage: The
Complete Guide for Brands and
Businesses to Build, Cultivate,
and Measure Success in The New
Web. New Jersey: John Wiley&
Sons, Inc.
Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku
Konsumen: Teori dan
Penerapannya dalam Pemasaran.
Bogor: Ghalia Indonesia
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku
Konsumen (Panduan Riset
Sederhana untuk Mengenali
Konsumen). Yogyakarta: Center
of Academic Publishing Service
Yuniarti, Sri. 2015. Perilaku Konsumen:
Teori dan Praktik. Bandung :
Pustaka Setia
MAJALAH
Majalah Business Horizons 2010 halaman
-69
SKRIPSI
Sulistiyono. 2015. Studi Kualitatif
Deskriptif Perilaku Konsumen
Rilisan Fisik VINYL Di
Yogyakarta. Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta
Ilmalana. 2012. Analisis Motivasi
Konsumen Online Dalam
Melakukan Impulse Buying Pada
Transaksi C2C Commerce (Studi
Pada Forum Jual Beli
Kaskus). Jakarta: Universitas
Indonesia
Rohma, Fitriatur. 2013. Analisis Perilaku
Konsumen Dalam memutuskan
Membeli
Helk Merk KYT Pada Masyarakat
Sumbersari Jember (Studi Di
kecamatanSumbersari Jember).
Jember: Universitas Jember
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v6i1.946
Refbacks
- There are currently no refbacks.