MOTIVASI PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE SHOPPING PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Motivasi Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Online Pada Instagram)

Dewa Ayu Cistaning Astari, Catur Nugroho

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan aktivitas
online shopping yang berdampak langsung terhadap tingginya pembelian impulsif pada
instagram. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswi dari beragam universitas di Kota
Bandung. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitiatif guna mendeskripsikan secara
menyeluruh dan mendalam mengenai motivasi pembelian impulsif dalam aktivitas online
shopping pada instagram. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan
menggunakan tehnik wawancara mendalam serta observasi dalam proses pengumpulan hasil
penelitan. Hasil penelitian menunjukan adanya motif utilitarian atau motif irrasional yang
mendominasi argumentasi para informan yang kerap melakukan pembelian impulsif.
Karakteristik pribadi yang mempengaruhi adalah umur dan daur hidup, pekerjaan, situasi
ekonomi, gaya hidup dan konsep diri. Sedangkan, faktor eksternal yang paling mempengaruhi
adalah faktor lingkungan. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan motivasi pembelian
impulsif dalam kegiatan online shopping adalah hadirnya hasrat hedonistik, kebutuhan self
esteem dan self actualization, persepsi konsumen terhadap pengambilan keputusan dan
persepsi konsumen terhadap keputusan. Selain itu, peneliti menemukan keberalihan cara
pandang setiap konsumen terhadap suatu produk. Para konsumen tidak hanya melihat dari
fungsinya saja sebagai suatu kebutuhan, namun, melihatnya sebagai alat pemenuhan
kepuasaan dan pengaktualisasian diri.
Kata kunci: motivasi belanja, online shopping, pembelian impulsif, instagram
Abstract
This study aims to determine the motivation of consumers in conducting online shopping
activities that have a direct impact on the high impulsive purchases on Instagram. The sample
of this research is a student from various universities in Bandung. Researchers use a
descriptive qualitative method to describe thoroughly and deeply about the motivation of
impulsive purchases in online shopping activities on Instagram. This research uses
constructivist paradigm and uses in-depth interview technique also observation in process of
collecting research result.The results showed the existence of utilitarian motives or irrational
motives that dominate the argument of informants who often make impulsive purchases. The
personal characteristics that affect are age and life cycle, occupation, economic situation,
lifestyle, and self-concept. Meanwhile, the most influencing external factors are
environmental factors. Therefore, the researcher concludes impulsive buying motivation in
online shopping activity is the presence of hedonistic desire, self-esteem requirement, and self
actualization, consumer perception toward decision making and consumer perception to a
decision. In addition, researchers found in the way consumers perceive a product. Consumers
2
not only see from function only as needs, however, see it as a means of fulfillment of
satisfaction and self-actualization.
Keywords: shopping motivation, online shopping, impulse buying, Instagram


References


DAFTAR PUSTAKA

BUKU

Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media

Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian

Komunikasi: Prosedur, Tren, dan

Etika. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu,

Teori, dan Filsafat Komunikasi.

Bandung: PT. Citra Adtya Bakti

Evans, W. D. 2008.Social Marketing

Campaigns and Children’s

Media Use, The Future of

Children 181-203

Kriyantono, Rachmat, 2008. Teknik Praktis

Riset Komunikasi. Jakarta:

Kencana (Prenada Media Group)

Lievrouw, Leah A. & Sonia Livingstone.

(2006) .Handbook od New Media:

Social Shaping and Social

Consequences of ICTs. London:

Sage Publications

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.

Teori Komunikasi (Theories

of Human Communication) edisi

Jakarta: Salemba Humanika.

Mufid, Muhamad. 2009. Etika dan Filsafat

Komunikasi. Jakarta: Kencana

Mulyana,Deddy, 2005. Ilmu Komunikasi:

Suatu Pengantar. Bandung:

Remaja Rosdakarya

McQuail, Denis. (2010) .Teori Komunikasi

Massa. Jakarta : Salemba

Humanika

Nasrullah, Dr. Rulli. (2015).Media Sosial:

Perspektif Komunikasi Budaya

dan Sosioteknologi. Bandung:

Simbiosa Rekatama Media.

Peter, Paul, Jerry Olson. 1999.

ConsumerBehavior: Perilaku

Konsumen dan Strategi

Pemasaran. Jakarta Erlangga.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Psikologi

Komunikasi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Satori, Komariah. 2012. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Alfabeta

Sangadji, Sopiah. 2013. Perilaku

Konsumen (Pendekatan Praktis).

Yogyakarta: CV Andi Offset

Schiffman, Leon, G.,Leslie Lazar Kanuk.

Consumer Behavior: Seventh

Edition. Prentice-Hall:New

Jersey

Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku

Konsumen (Perspektif

Kontemporer pada Motif, Tujuan

dan Keinginan Konsumen).

Jakarta: Kencana

Q-Anees, Elvinaro. 2009. Filsafat Ilmu

Komunikasi. Bandung: Rekatama

Media

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&B.

Bandung: Alfabeta

Solis, Brian. (2010) .Engage: The

Complete Guide for Brands and

Businesses to Build, Cultivate,

and Measure Success in The New

Web. New Jersey: John Wiley&

Sons, Inc.

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku

Konsumen: Teori dan

Penerapannya dalam Pemasaran.

Bogor: Ghalia Indonesia

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku

Konsumen (Panduan Riset

Sederhana untuk Mengenali

Konsumen). Yogyakarta: Center

of Academic Publishing Service

Yuniarti, Sri. 2015. Perilaku Konsumen:

Teori dan Praktik. Bandung :

Pustaka Setia

MAJALAH

Majalah Business Horizons 2010 halaman

-69

SKRIPSI

Sulistiyono. 2015. Studi Kualitatif

Deskriptif Perilaku Konsumen

Rilisan Fisik VINYL Di

Yogyakarta. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta

Ilmalana. 2012. Analisis Motivasi

Konsumen Online Dalam

Melakukan Impulse Buying Pada

Transaksi C2C Commerce (Studi

Pada Forum Jual Beli

Kaskus). Jakarta: Universitas

Indonesia

Rohma, Fitriatur. 2013. Analisis Perilaku

Konsumen Dalam memutuskan

Membeli

Helk Merk KYT Pada Masyarakat

Sumbersari Jember (Studi Di

kecamatanSumbersari Jember).

Jember: Universitas Jember




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v6i1.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>