PERSEPSI MAHASISWA TENTANG POSITIONING PRODUK “THE BODY SHOPâ€

Irma Zevrina

Abstract


 

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul “Persepsi Mahasiswa tentang Positioning Produk The Body Shopâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa mempersepsikan positioning produk The Body Shop. Perlu dipahami, bahwa kesuksesan strategi brand positioning sangat bergantung pada persepsi publik. Maka dari itu, indikator utama kesuksesan strategi positioning adalah apabila publik mempersepsi positioning suatu merek sama dengan strategi positioning merek tersebut. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori persepsi Jalaluddin Rakhmat. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Untuk teknik wawancara menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu pemilihan informan non acak berdasarkan pada kebutuhan data yang diinginkan. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna maupun bukan pengguna produk The Body Shop di Kota Cirebon.

 

Dari data yang terkumpul dan analisa yang disusun, diperoleh kesimpulan bahwa strategi positioning The Body Shop, baik internasional maupun di Indonesia, adalah masstige. Masstige merupakan istilah permerekan dimana merek diposisikan di antara tingkatan massal dan premium. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata informan mempersepsikan positioning The Body Shop tidak sesuai dengan positioning produk itu sendiri, mereka mempersepsikan merek The Body Shop sebagai premium brand, hanya dua dari informan yang merupakan pengguna produk The Body shop yang mempersepsikan produk tersebut sesuai dengan strategi perusahaan, yaitu sebagai masstige brand. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pergeseran persepsi mahasiswa terhadap positioning The Body Shop atau biasa disebut positioning error. Mahasiswa menganggap merek ini premium disebabkan oleh dua faktor utama yaitu, harga The Body Shop yang di atas merek massal dan lokasi penjualannya yang premium yaitu tidak dijual di supermarket. Ketidaksesuaian persepsi mahasiswa akan positioning (positioning error) ini berpotensi menghambat kesuksesan strategi positioning yang diterapkan The Body Shop. Sehingga, perusahaan selayaknya memberi perhatian khusus pada permasalahan tersebut.

 

Kata Kunci : Persepsi, Brand Positioning, Produk The Body Shop

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

The research titled “Student Perceptions about The Positioning of The Body Shop Productsâ€. This research is aimed to understand how students perceive the positioning of The Body Shop Products. It should be understood that successful positioning strategy relies heavily on public perceptions. Therefore, the main indicator of successful positioning strategy if the public perceives a brand positioning is the same as the brand positioning strategy. The method used is a descriptive qualitative method using the perception theory of Jalaluddin Rachmat. Data collected through observation, interview and literature study. To interview techniques using purposive sampling technique that is non- random selection of informants based on the needs of the desired data. Informants in this research were students of both users and non-users of The Body Shop products in Cirebon city.

 

From the data collected and compiled analysis, The concluded that the positioning strategy of The Body Shop, both internationally and in Indonesia, is masstige. Masstige a term branding where the brand is positioned between mass and premium levels. The results showed an average informants perceived positioning of The Body Shop is not in accordance with the positioning of the product itself, they perceive a brand The Body Shop as a premium brand, only two of the informants who are users of The Body Shop products who perceive these products in accordance with the company's strategy, that is masstige brand. It concluded that a shift in students' perceptions of positioning The Body Shop or so-called positioning error. Students consider this brand of premium caused by two main factors, namely the price of The Body Shop is above the mass brands and premium sales locations are not sold in supermarkets.

 

Keywords: Perception, Brand Positioning, The Body Shop Products.


References


DAFTAR PUSTAKA

Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Kartajaya, Hermawan. 2004. Seri 9 Elemen M a r k e t i n g o n P o s i t i o n i n g . Bandung: Mizan Media Utama

Kotler, P. dan Keller, K.L. Marketing Management (Thirteennth Edition). 2009. Alih Bahasa Oleh Sabran, Bob. Jakarta: Erlangga

Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi Antarpersonal. Jakarta : PT. Adhitya Andrebina Agung

Moleong, Lexy. J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja

Rosdakarya

Morissan, M . A . 2010 . Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Prenada Media Group

-----. 2005. Ilmu Komunikasi, Suatu P e n g a n t a r . B a n d u n g : P T. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

-----. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

-----. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sujanto, Agus. 2008. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara

T j i p t o n o , F a n d y. 2 0 0 1 . S t r a t e g i Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Wi r y a n t o . 2 0 0 6 . P e n g a n t a r I l m u Komunikasi. Jakarta: PT. Gramedia

Widiasarana Indonesia

Sumber lain :

https://bonteng.wordpress.com/2009/11/18/semua-tentang--harus-tahu/ (5 Maret 2016)

https://www.thebodyshop.co.id (4 Maret 2016)

http://www.thebodyshop.com/intensely-revitalisingoils-of-life/index.aspx (4 Maret 2016)

Wikipedia.org/wiki/The_Body_Shop (20 Maret 2016)

www.harperbazaar.co.id (6 Maret 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v5i1.886

Refbacks

execute(); ?>