PENGARUH KOMUNIKASI VIRTUAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DIKALANGAN GAME ONLINE DI ARANET PLUMBON

Rifal Fathurrohman, Achdi Halim, Khaerudin Imawan

Abstract


ABSTRAK

 

Para pemain game online lebih terbiasa melakukan komunikasi secara virtual didalam game online, hal ini terjadi karena suasana para pemain game online lebih mempunyai ketertarikan ketika berbincang dengan temannya di dalam game online. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang efektifitas komunikasi virtual, efektifitas komunikasi interpersonal serta pengaruh komunikasi virtual terhadap komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah para pemain game online di AraNet Plumbon. Hasil penelitian berkaitan dengan peningkatan efektifitas komunikasi virtual namun penurunan efektifitas komunikasi interpersonal. Faktor utama yang dirasakan menghambat yaitu belum tersedianya tempat mengobrol yang ada di sekitar AraNet. Oleh karena itu, pemilik AraNet hendaknya membuat tempat mengobrol sehingga mereka dapat sekedar berbincang ketika tidak bermain game online Kata Kunci : Komunikasi Virtual, Komunikasi Interpersonal, Game Online, AraNet

 

Kata Kunci: Komunikasi virtual, komunikasi antarpersonal, game online

 

 

ABSTRACT

 

The online game players more accustomed to communicate virtually in the online game, this happens because of the atmosphere of online gamers have more interest when talking with his friends in the online game. The purpose of this study which is to obtain data on the effectiveness of virtual communication, interpersonal communication effectiveness and influence of virtual communication on interpersonal communication. This study used quantitative research methods. The subject of research is the online game players in AraNet Plumbon. The results of research related to improving the effectiveness of virtual communication but decrease the effectiveness of interpersonal communication. The main factor that inhibits felt that the unavailability of a talking shop that is around AraNet. Therefore, owners should make a point of chatting AraNet so they can just talk when not playing games online

 

Keywords : Virtual Communication, Interpersonal Communication, Online Games


References


DAFTAR PUSTAKA

Sumber Buku

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Devito, Joseph , A. 1997. Human Communication. New York: Harper Collinc Colege Publisher

Effendi, Onong Uchjana. 2011. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

. 2002. Hubungan MasyarakatS Suatu Studi Komunikologis. Bandung : Remaja Rosdakarya

. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya

Holmes David. 2012. Teori Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu

Muhammad Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Nasrullah Rulli. 2012. Komunikasi Antarbudaya: Di Era Budaya Siber. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Media Sosial Perspektif Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Rakhmat Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Wood, Julia T. 2013 . Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian. Jakarta: Salemba Humanika

Sumber Internet

Sosiawan Edwi. A kajian teoritis komunikasi (Internet dalam perspektif ilmu komunikasi) diambil dari http://warnakuungu.blogspot.co.id/2010/12/komunikasi-virtual-adalah-cara.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet

http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta

https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_interpersonal




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v5i1.884

Refbacks

execute(); ?>