PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA INFORMASI OLEH MAHASISWA UPN “VETERAN†JAKARTA

Iswahyuni Iswahyuni, Witanti Prihatiningsih, Surahmad Surahmad

Abstract


ABSTRAK

 

Teknologi berbasis internet terus berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan, sebagian orang kini mendapat lebih banyak informasi melalui media internet. Banyak manfaat dari internet, salah satunya sebagai media komunikasi, hiburan, mencari teman, dan sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan internet sebagai media informasi oleh mahasiswa UPN “Veteran†Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UPN “Veteran†Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik sampelnya adalah strata proporsional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah uses and gratification. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa internet yang disediakan oleh UPN "Veteran" Jakarta lebih banyak dimanfaatkan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan afektif, kemudian dilanjutkan dengan kognitif, integrasi sosial, berkhayal, dan yang terakhir integrasi personal.

 

Kata kunci: internet, uses and gratification, kebutuhan informasi

 

 

ABSTRACT

 

 

Internet-based technology continues to evolve over time. In fact, some people are now getting more information through the internet. Many benefits come from the internet, such as medium of communication, entertainment purposes, looking for friends, and source of information. This study aims to determine the use of the Internet as a medium of information by students UPN "Veteran" Jakarta. The method used in this study is a quantitative with descriptive analysis. The population in this study is UPN "Veteran" Jakarta students. Sample collecting method is Slovin formula, while the sample technique is strata proportional. The theory used in this research is using and gratification. The results in this study indicate that the internet provided by UPN "Veteran" Jakarta is mostly used by students to meet affective and cognitive needs, social integration, fantasizing, and personal integration.

 

Key words: internet, uses and gratification, information needs


References


DAFTAR PUSTAKA

Ardianto, Elvinaro. Komala, Lukiati & Karlinah, Siti. 2007. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2011. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aitya Bhakti.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi.

Jakarta : Kencana.

Morissan. 2007. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Ramdina Prakarsa.

Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_________________. 2009. Metode Penelitian Komunikasi (dilengkapi contoh analisis statistik). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan & Sunarto. 2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Yusup, Pawit M. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

WEBSITE :

“Sekilas Perkembangan Internetâ€, http://www.goechi.com/newsletter.ht ml. Diakses pada tanggal 3 januari 2017 pukul 14.39




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v5i2.881

Refbacks

execute(); ?>