MARKETING CELEBRITIES SEBAGAI STRATEGI DALAM IKLAN

Welly Wihayati

Abstract


ABSTRAK

 

Pembuatan iklan suatu produk, keberadaan selebriti dipandang sebagai endorser yang memegang peranan penting bagi kegiatan pemasaran produk tersebut. Di sini, selebriti “sangat diminati†oleh produsen dalam pembuatan iklan-iklan produknya. Selebriti menjadi tokoh yang menarik dalam iklan, apalagi bagi selebriti yang sedang “naik daunâ€. Akan tetapi, pada sisi lain, penggunaan selebriti sebagai strategi dalam beriklan juga dapat menjadi sangat rentan, terutama jika selebriti tersebut jauh dari komitmen perjanjian kerja sama. Pembuatan iklan, tidak luput pula dari peran selebriti sebagai endorser. Mengapa selebriti sangat diminati oleh produsen dalam mengiklankan produk-produknya? Alasan yang sederhana menyebutkan bahwa pesan yang disampaikan oleh sumber yang menarik (kaum selebriti yang sedang nge-top), akan mendapat perhatian yang lebih besar, di samping sangat mudah diingat. Oleh sebab itu, marketing celebrities menjadi penting artinya bagi iklan sebuah produk. Bagaimana produsen menetapkan pilihannya pada sang bintang agar sesuai dengan personality produk, melakukan evaluasi layak-tidaknya selebriti dalam iklan, bagaimana iklan tepat sasaran dan apa saja yang harus diketahui sang bintang, serta apa yang harus dipikirkan oleh sang pemasar mengenai marketing plan yang berhubungan dengan selebriti ini, tentunya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari strategi pembuatan iklan melalui marketing celebrities.

 

Kata Kunci : Marketing, Iklan, Produk, Selebriti

 

ABSTRACT

 

The making of product advertisement, the existancy of celebrity can be seen of endorser who hold significant role to the marketing activity of compaany product. The marketing process of celebrity will always happenned. In here, celebrities are very liked by producer in the making of their product advertisement. Celebrities will become attractive figure, mainly the popular celebrities. But on the other side, the using of celebrities as strategy in advertisement, can be a serious problem if they don’t committ the regulation of cooperation contract. In an advertisement process, it can’t be separated to the celebrity’s role as an endorser.


Why is the producer very interested in celebrities to advertise their company product? The simple reason mentioned that the message which communicated by interesting source or person (popular celebrities), get more attention from the audiences, of course it will be easily remembering too. Because of that, marketing celebrities in this case, become an important meaning to the product of advertising. How the produser determinate their desicion to the star in accordance with the product personality, do the evaluation about the successful of celebrities, how the advertisement can be effective and what have to know by celebrities about product, and what have to think by the marketer about their marketing plan, however become an related part of advertising strategy through marketing celebrities.

 

Keywords: Marketing, Advertisement, Product, Celebrities


References


DAFTAR PUSTAKA

Dharmmesta, Basu Swastha dkk.

Value Marketing Paradigma Baru Pemasaran. Jakarta: Penerbit Quantum Bisnis dan Manajemen (PT Mizan Publika).

Kasali, Rhenald. 2009. Marketing in Crisis Marketing Therapy

Menyerang Pasar dan Mengambil Manfaat dari Krisis Ekonomi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurnia, Eddy. 2010. Komunikasi dalam Pusaran Kompetisi. Jakarta: Penerbit Republika.

Royan, Frans M. 2004. Marketing Selebrities Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Scott, David Meerman. 2009. The New Rules of Marketing and PR. Penerbit: Publishing One.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v5i2.879

Refbacks

execute(); ?>