KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU YANG DILAKUKAN DEPARTEMEN PERINDUSTRI DAN PERDAGANGAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASAR BATIK TRUSMI DI KABUPATEN CIREBON

Inanah Inanah, Rahmat Hidayat, Farida Nurfalah

Abstract


ABSTRAK

 

Pasar Batik Cirebon Pemerintah Gedung Trusmi terletak di Desa Weru Lor, Kabupaten Weru Kabupaten Cirebon, dengan tujuan menyediakan fasilitas infrastruktur bagi para pembatik agar lebih mandiri dalam menjual kreasi produksi batik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran terpadu Perindustrian dan Perdagangan dalam meningkatkan jumlah pengunjung trusmi pasar batik di Cirebon, untuk mengetahui faktor pendukung dan komunikasi pemasaran terpadu Perindustrian dan Perdagangan dalam meningkatkan jumlah pengunjung pasar trusmi batik. Di Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan sumber / data tringulasi dan metode tringulasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, data presentasi, dan manarik kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1). Komunikasi pemasaran terpadu Disperindag adalah salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia. Pemasaran komunikasi terpadu yang tidak dilaksanakan oleh Perindustrian dan Perdagangan adalah, Periklanan, Hubungan Masyarakat dan Promosi Penjualan (2). Faktor pendukung komunikasi pemasaran terpadu, yakni kampung halaman mereka Website Digital SME market batik trusmi (3). Faktor penghambat komunikasi pemasaran terpadu, yakni anggaran promosi minimal, Sumber Daya Manusia (SDM) tidak memadai Pemerintah / Industri dan Perdagangan serta dari pedagang pasar batik trusmi, perilaku konsumen terhadap pasar batik trusmi pengunjung sepi, toko / kios yang dibuka tidak merata dan Lokasi pasar batik trusmi yang harus bersaing dengan pusat perbelanjaan, pasar tradisional, dan showrom yang besar di daerah sekitarnya. 

Kata kunci: Komunikasi pemasaran terpadu


ABSTRACT

Government Cirebon Batik Market Trusmi building located in the village of Weru Lor, District Weru Cirebon regency, with the aim of providing infrastructure facilities for batik makers to be more independent in selling creations of batik production. The purpose of this study was to determine how integrated marketing communications Industry and Trade Office in increasing the number of visitors trusmi market batik in Cirebon, to determine the factors supporting and integrated marketing communications Industry and Trade Office in increasing the number of visitors trusmi market batik in Cirebon. This study used a form of qualitative descriptive approach. The sampling technique purposive sampling technique and techniques of data collection using tringulasi source / data and tringulasi method, while data analysis is done by means of data reduction, data presentation, and manarik conclusion and verification. Based on the results of this study concluded that (1). Integrated marketing communications Disperindag in increasing the number of visitors trusmi batik markets already are conducted by Disperindag is, Direct Marketing, Sales personalized and interactive marketing. Unified communications pemasarn were not implemented by the Industry and Trade is, Advertising, public relations and sales promotion (2). Factors supporting the integrated marketing communications, namely, their hometown Website Digital SME market batik trusmi (3). Factors inhibiting integrated marketing communications, namely, promotion budget is minimal, Human Resources (HR) inadequate Government / Industry and Trade as well as from market vendors batik trusmi, consumer behavior towards batik market trusmi visitors quiet, shop / kiosk that opened not evenly and location of batik trusmi market that must compete with shopping malls, traditional markets, and showroms large in adjacent areas.

Keywords: Integrated marketing communications, Disperindag, Batik Market trusmi


References


DAFTAR PUSTAKA

Amstrong,Gary & Philip, Kotler. 2001. Dasar- dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT Prenhalindo.

Hermawan,Agus.M.Si,Mbus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Erlangga.

__________. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia

__________. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,Implementasi dan Kontrol, Edisi sebelas. Jakarta: PT Prenhalindo

Kotler, Philip and Keller, Kevin lane (2008b), Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT. Indeks

__________.2009. Manajemen Pemasaran.(Terjemahan, Edisi ke-13 Jilid 1).Jakarta: PT Penerbit Erlangga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada tanggal 14 maret 2016

Morissan,M.A.2010.Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu.Jakarta: Kencana Premda Media Group.

Moleong,Lexy J.2013. Metode Penelitian Kualitatif.Edisi.Revisi.Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.CV.Alfabeta:

Bandung.

Sumber lain

http://disporbudpar.cirebonkota.go.id/2 015/10/26/potensi-pariwisata-

dan perdagangan-kota-cirebon.Diakses tanggal 5 maret 2016 13:08:10 PM

http://repository.unhas.ac.id/bitstream/ handle/.Diakses tanggal 5 maret 2016 23:09:12 PM

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Cir ebon.Diakses tanggal 8 maret 2016 21:14:03 PM

https://id.wikipedia.org/wiki/Masyarak at_Ekonomi_ASEAN.Diakses

http://www.cirebonkab.go.id/id_ID/gu bernur-jawa-barat-resmikan-pasar-batik-trusmi-cirebon/. Diakses pada 26 April 2016 23:09:12 PM

Stanton, William, J. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Ke

tujuh. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi

Pemasaran.Edisi Pertama.

Andi offset. Yogyakarta.

______ . 2007. Strategi Pemasaran.

Edisi Pertama. Andi offest.

Yogyakarta. tanggal 5 maret 2016 20:02:11 PM

http://argen26.blogspot.co.id/2013/04/ definisi-pemasaran-dan-komunikasi.html?m=1. Diakses pada 14 April 2016 13:08:10 PM

http://jurnal-

sdm.blogspot.co.id/2009/08/str

ategi-promosi-penjualan-

definisi.html?m=1. Diakses pada 14 April 2016 21:12:31 PM

http://www.cirebontrust.com/seremoni

-meriah-pasar-batik-trusmi-

diresmikan-gubernur-jawa-

barat-ahmad-

heryawan.html.Diakses pada 26

April 2016 13:08:10 PM




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v5i2.878

Refbacks

execute(); ?>