Digitalisasi UMKM: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
APJII. (2022). Indonesian Internet Profile 2022. Apji.or.Od, June. apji.or.id
Gracia, S. (2022). KemenKopUKM Perkuat Transformasi Digital UMKM. Stabilitas.Id. https://www.stabilitas.id/kemenkopukm-perkuat-transformasi-digital-umkm/
Hootsuite. (2022). Indonesian Digital Report 2022. In Datareportal.Com (p. 113). https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Jones-Kavalier, B., & Flannigan, S. (2008). Connecting the Digital Dots: Literacy of the 21st Century. Teacher Librarian, 35(3), 13–16.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2022). Transformasi Digital UMKM Jadi Prioritas Penguatan Fondasi Ekonomi. Pusat Data Dan Sarana Informatika. https://kominfo.go.id/content/detail/40915/transformasi-digital-umkm-jadi-prioritas-penguatan-fondasi-ekonomi/0/berita
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2022). Optimalisasi Produktivitas UMKM melalui Go-Digital dan Go-Legal. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3016/optimalisasi-produktivitas-umkm-melalui-go-digital-dan-go-legal
Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2022). MenKopUKM: Transformasi Digital Dorong Daya Tahan UMKM Lebih Kuat. Humas Kementerian Koperasi Dan UKM. https://kemenkopukm.go.id/read/menkopukm-transformasi-digital-dorong-daya-tahan-umkm-lebih-kuat
Law, N., Woo, D., de la Torre, J., & Wong, G. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy. UNESCO Institute for Statistics, 51, 146.
Lestari, S. B. (2015). Shopping Online Sebagai Gaya Hidup. Jurnal Ilmu Sosial, 14(2), 24–41. https://doi.org/10.14710/jis.14.2.2015.24-41
Lubis, T. A., & Junaidi, J. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163–174. https://doi.org/10.22437/ppd.v3i3.3535
Maharani, E. (2022). Pengguna Internet Indonesia Naik dari Tahun ke Tahun. Republika.Id. https://www.republika.co.id/berita/rd9k6b335/pengguna-internet-indonesia-naik-dari-tahun-ke-tahun
SIRCLO & Ravenry. (2021). Navigating Indonesia’s E-Commerce: COVID-19 Impact and The Rise of Social Commerce. SIRCLO & Ravenry, 55. https://insights.sirclo.com/
Sudarmiyanti, A. (2021). Naik Kelas Lewat Akademi Jagoan. Mitra Bukalapak. https://mitra.bukalapak.com/artikel/
Toewoeh, T. A. M. R. (2022). UMKM Go Online Cari Mitra Baru di HUB.ID Summit 2022. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika. https://aptika.kominfo.go.id/2022/09/umkm-go-online-cari-mitra-baru-di-hub-id-summit-2022/
Vuorikari, R., Punie, Y., Carretero, S., & Van Den Brande, L. (2016). DigComp 2.0: The Digital Competence Framework for Citizens. In Jrc-Ipts (Issue June). https://doi.org/10.2791/11517
Wheeler, S. (2012). Digital Literacies for Engagement in Emerging Online Cultures. ELC Research Paper Series, 5, 14–25. http://elcrps.uoc.edu
Zahro, E. K. (2557). Kemampuan Literasi Digital untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha pada Kalangan Pelaku Usaha Skala Kecil di Kota Surabaya. 4(1), 88–100.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v11i1.8213
Refbacks
- There are currently no refbacks.