Audit Proses Komunikasi dalam Rangkaian Beasiswa GenBI di UPN "Veteran" Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v11i1.7861Abstract
Pendidikan merupakan aspek paling penting dari suatu negara karena kualitas sumber daya manusia dari suatu negara mempunyai kaitan yang erat dan juga dipengaruhi oleh kualitas pendidikan sehingga bidang pendidikan perlu mendapatkan perhatian khusus baik dari masyarakat, perusahaan, maupun pemerintah. Perusahaan dapat turut serta berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui program CSR pendidikan. Salah satu perusahaan yang secara aktif memberikan kontribusinya dalam dunia pendidikan adalah Bank Indonesia melalui program beasiswa GenBI. Hingga saat ini, GenBI telah memiliki 10.545 penerima beasiswa yang juga tergabung dalam komunitas GenBI. Sebagai kegiatan yang melibatkan banyak orang dalam pelaksanaanya, program beasiswa ini tentunya melibatkan proses komunikasi antara awardee dengan person in charge (PIC) yang ditunjuk oleh GenBI. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi dalam kegiatan para penerima beasiswa GenBI di UPN “Veteran†Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan dokumentasi pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi antara awardee beasiswa GenBI di UPN “Veteran†Jawa Timur dengan person in charge (PIC) masih terdapat beberapa permasalahan antara lain komunikasi yang cenderung bersifat satu arah dan tidak teratur sehingga masih diperlukan perbaikan dan pengoptimalan.References
Aditya, D. A. (2011). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Perusahaan (Studi Di PT Sidomuncul Semarang). https://lib.unnes.ac.id/5791/
Bİrİm, B. (2016). Evaluation of corporate social responsibility and social media as key sources of strategic communication. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 235(October), 70–75. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.11.026
Chou, A., & Newman, K. (2014). How and Why Multinational Corporations Pursue CSR Strategies : The Case of Nestle in China.
Cook, K. S., Cheshire, C., Rice, E. R. W., & Nakagawa, S. (2013). Social Exchange Theory. 61–88. https://doi.org/10.1007/978-94-007-6772-0
Jumadiah, Manfarisyah, Sastro, M., & Herinawati. (2018). Penerapan Prinsip Corporate Social Responsibility Di Provinsi Aceh. Unimal Press, 2.
Mentari, R. A. (2013). Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) pada Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.
Mighfar, S. (2015). SOCIAL EXCHANGE THEORY : Telaah Konsep George C. Homans Tentang Teori Pertukaran Sosial. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 259–282. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.98
Nurjanah, N., Wirman, W., & Yazid, T. P. (2016). Implementasi Program Coorporate Social Responsibility (Csr) Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Riau. Jurnal Ilmu Komunikasi, 197–211.
https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/download/4750/4489
Pt, C. S. R., Indonesia, H., Cilacap, T., Nurjanah, A., Yulianti, F., Komunikasi, J. I., & Yogyakarta, U. M. (2019). PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ) DAN KOMUNIKASI CSR ( Studi Kasus : CSR Delegation European Union To Malaysia dan Business. 12(1), 93–107.
Triyanto, Dwi. (2013). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (Csr) Di Bidang Pendidikan Pt. Hino Motors Sales Indonesia (Pt. Hmsi).
https://eprints.uny.ac.id/26665/1/
Wilda, Y. A., & Sunoko, A. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Pendidikan SMK NU Banat Kudus. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 169-182.
Yuliana, I., Djalaluddin, A. (2019). Corporate Social Responsibility. Malang: UIN-Maliki Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.











