KINERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PADA BIDANG ANGKUTAN DALAM PELAYANAN ANGKUTAN KOTA DI KOTA CIREBON

Fani Maharani, Moh. Sutarjo, Siti Khumayah, Aghnia Dian Lestari

Abstract


Banyak gejala-gejala yang belum sesuai terkait optimalnya pelayanan angkot di Kota Cirebon. Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui bagaimana Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan Pada Bidang Angkutan Dalam Pelayanan Angkutan Kota Di Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Dinas Perhubungan Kota Cirebon pada Bidang Angkutan. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Seksi Perencanaan Jaringan Trayek. Sedangkan informan pendukungnya yaitu Sopir Angkot dan Penumpang Angkot. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan studi kepustakaan, studi lapangan (observasi, wawancara dan dokumentasi). Sedangkan teknik penguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan angkot di kota cirebon yaitu program peningkatan pelayanan angkot, identifikasi angkot, pengecekan uji kelayakan angkot dan evaluasi trayek angkot, efektivitas dan efisiensi angkot, keterampilan dan semangat kerja dalam pelayanan angkutan kota. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa permasalahan terhadap pelayanan angkot di kota Cirebon belum optimal dan bersifat elementer yang masih mampu diatasi melalui pendekatan solusi peningkatan kinerja yang berkelanjutan yang di lakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Cirebon.

 

Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan, Bidang Angkutan, Transportasi, Uji Berkendara

 


References


Ibrahim, Amin, 2008, Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya, Bandung: Mandar Maju

Mahmudi, 2015, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Manajemen YKPN

Mangkunegara, Prabu, Anwar, 2017, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, PT, Refika Aditama, Bandung

Pasolong, Harbani, 2010 Teori Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta

Sinambela Lijan Poltak, dkk., 2012, Kinerja Pegawai, Teori, Pengukuran dan Implikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta,cv

Wirawan, 2009 Evaluasi Kinerja Sumber Daya Teori Aplikasi dan Penelitian, Jakarta: Salemba Empat

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Pasal 1 ayat (1) tentang Pengertian Pelayanan Publik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 76 tentang Penilaian Kinerja

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek

Burhanudin, G. I. (2020). Prosedur Pelayanan Perizinan Trayek Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) Pada Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan (Doctoral dissertation. (Kamis, 24 Maret 2022 17:28 WIB) http://eprints.polsri.ac.id/10350/

Gusleni, Y. (2017). Keterpaduan Pelayanan Angkutan Kota di Kota Cirebon. Jurnal Transportasi Multimoda, 14(4), 193-206. (Jum’at, 25 Maret 2022 14:56 WIB) http://202.61.104.165/index.php/jurnalmtm/article/view/164

Purba, B., & Sembiring, M. (2020). Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Karo .Jurnal Regionomic, 2(2). (Selasa,22 Maret 2022 13:40 WIB). http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/regionomic/article/view/460

Sinaga, A. S. (2019). Peranan Motivasi Kerja dalam Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Tanjungbalai Utara Kota Tanjungbalai. (Selasa, 22 Maret 2022 11:25 WIB) http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11796




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i1.7657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>