STRATEGI KOMUNIKASI PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PROGRAM BADAN KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Achmad Bachruddin, Nurudin Siraj, Farida Nurfallah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon dalam Pencegahan Stunting kepada masyarakat. Fokus kepada strategi komunikasi dalam melaksanakan program-program pencegahan Stunting kepada masyarakat, dengan melihat faktor pendukung dan penghambatdalam melaksanakan program tersebut.yang di bahas dalam hasil wawancara peneliti. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode dekskriptif yaitu penelitian yang bersifat empiris dapat di amati sesuai kenyataan yang ada dilapangan selain itu juga menggunakan teknik wawancara, data-data dan dokumentasi yang langsung di dapatkan dari sumber terpercaya. Data yang di kumpulkan berupa hasil wawancara dengan beberapa informan yang mengetahui seputar pencegahan stunting. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon belum efektif dan maksimal. Karena dalam setiap proses menjalakan program-program terhalang oleh anggaran dari pemerintah. Anggaran yang kurang membuat programprogram terhambat seperti, Program Pencegahan Stunting kurangnya alat teknologi tepat guna (ATTG) untuk pelatihan-pelatihan yang harus dilakukan setiap tahunnya, selain itu juga kurangnya pegawai lapangan yang ditugaskan langsung ke masyarakat.

Kata Kunci : Pencegahan Stunting, Strategi Komunikasi

References


Effendy, Onong Uchjana, 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung; PT.Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung; PT.Remaja Rosdakarya 2007

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung; PT.Remaja Rosdakarya 2002

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung; PT.Remaja Rosdakarya 2003

Haffied Cangara, 2011. Prencanaan dan Strategi Komunikasi.

Jakarta; Rajawali Pers

Moleong, J Lexy, 2017. Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung; PT. Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy, 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Moleong, J Lexy, 2011. Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung; PT. Remaja Rosdakarya

https://www.kajianpustaka.com/2020/01/strategi-komunikasi-pengertian-teknik-langkah-dan-hambatan.html. (Di akses pada tanggal 3 April 2021, pukul 22.35)

https://www.komunikasipraktis.com/2015/10/strategi-komunikasi-pengertian-dan.html. (Di akses pada tanggal 4 April 2021, pukul 19.30)

https://www.komunikasipraktis.com/2015/10/strategi-komunikasi-pengertian-dan.html. (Di akses pada tanggal 10 April 2021, pukul 20.55)

http://jabar.bkkbn.go.id/?page_id=1367. (Di akses pada tanggal 13 Juni 2021, pukul 23.15)




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>