#WHATSYOURWAVE DAN #CATCHYOURWAVE DARI MICROGRAM SEBAGAI BENTUK SOSIALISASI ACARA ARCHIPELAGO DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v10i2.7596Abstract
Buruknya edukasi, networking serta treatment dalam ekosistem musik mendorong Archipelago dan Microgram untuk mengkampanyekan #WhatsYourWave dan #CatchYourWave Yang mengajak anak-anak muda untuk terus beradaptasi. Melalui penelitiaan ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui manajemen kampanye yang dilakukan oleh Microgram Entertainment, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Melalui metode penelitian deskriptif serta pengumpulan data dengan wawancara observasi, studi dokumentasi, dan metode penelusuran data daring menghasilkan data sebagai berikut, Langkah pertama adalah perencanaan yaitu kampanye bertema "gelombang" untuk mengubah perilaku target sasaran kampanye; langkah kedua adalah pelaksanaan, yang dimana sebagian besar kampanye bersifat daring, ditambah satu kegiatan luring; langkah ketiga adalah evaluasi, dimana pengukuran keberhasilan kampanye berfokus pada metriks media sosial. Simpulan dari penelitian ini adalah, manajemen kampanye ini tidak sepenuhnya sesuai konsep manajemen kampanye. Pada tahap perencanaan, penetapan tujuan & tolak ukur tidak berkaitan dengan dampak di dunia nyata. Pada tahap pelaksanaan, terdapat kegagalan dalam beberapa tindakan kampanye. Pada tahap evaluasi, hasilnya tidak bisa digunakan untuk mengukur dampak kampanye di dunia nyata. Saran pada penelitian ini pada tahap perencanaan adalah menyusun tujuan yang berkaitan dengan perubahan perilaku. Pada tahap pelaksanaan, mengantisipasi berbagai kemungkinan dengan kru cadangan dan sumber daya gratis/murah. Pada tahap evaluasi, dapat dilakukan dengan mengadakan survei daring sebelum dan sesudah kampanye.
Â
Kata kunci: kampanye, manajemen kampanye,References
Immanuel, J., & Natalia, C. el. (2021). Strategi kampanye Alzheimer Indonesia #janganmaklumdenganpikun dalam membangun kesadaran akan isu demensia. PRofesi Humas, 6(1), 67–88. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v6i1.28296
Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., & Novianti, E. (2022). Analisis strategi humas pemerintahan era milenial dalam menghadapi tata kelola informasi publik. PRofesi Humas, 6(2), 286. https://doi.org/10.24198/prh.v6i2.37095
Pratiwi, R. S. (2019). Manajemen Kampanye Komunikasi Kesehatan Dalam Upaya Pengurangan Prevalensi Balita Stunting. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jmk.v4i1.23435
Rakhmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.