KRITIK SOSIAL DALAM KONTEN KOMEDI "INGIN JADI RAKYAT YANG BAIK" DI AKUN INSTAGRAM @BINTANGEMON

Isna Meydiawati, Syifa Syarifah Alamiyah

Abstract


ABSTRAK

 

“Ingin Jadi Rakyat yang Baik†di akun Instagram @bintangemon adalah salah satu konten komedi yang dibuat oleh komika Bintang Emon. Dalam konten tersebut Bintang Emon menyampaikan materi komedinya dalam bentuk monolog dengan membahas kinerja anggota dewan di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menguak kritik sosial yang termuat dalam konten komedi dengan materi komedi yang membahas kinerja anggota dewan di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika model Roland Barthes. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dari video komedi berjudul “Ingin Jadi Rakyat yang Baik†di akun Instagram @bintangemon, serta studi pustaka dari berbagai sumber untuk mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konten komedi tersebut mengkritisi kinerja anggota dewan seperti: 1.) proses pengesahan rancangan undang-undang Cipta Kerja yang dilakukan tengah malam yang mengesankan sikap terburu-buru anggota dewan dalam memperjuangkan hak masyarakat ; 2.) tindakan represi, seperti teror yang diperoleh masyarakat yang vokal memberikan kritik serta penangkapan demonstran, menandai perwujudan demokrasi dan kebebasan berpendapat di Indonesia yang belum sepenuhnya terwujud ; 3.) keberadaan UU ITE yang dalam implementasinya mempersempit kebebasan hingga mengancam keselamatan masyarakat dalam menyampaikan pendapat di media sosial ; 4.) sikap pejabat publik yang cenderung abai dan menghindar ketika ada aksi demo yang dilakukan masyarakat.

 

Kata-kata Kunci: Kritik sosial, Konten komedi, Kinerja anggota dewan, Kebebasan berpendapat, Demokrasi


References


DAFTAR PUSTAKA

Arfi, D. F. (2016). Kritik Sosial dalam Film “ KULDESAK †( Analisis Semiotika Roland Barthes ). In Skripsi. STIKOSA-AWS.

Fauziyah, T. A. (2020). Kritik Sosial Citizen Journalism Dalam Kasus Ekspansi Industri Semen di Pegunungan Kendeng (Studi Semiotika Film Dokumenter Samin Vs Semen di Channel Youtube Watchdoc Image). IAIN Salatiga.

Leonardo, R., & Junaidi, A. (2020). Kritik Sosial dalam Stand Up Comedy (Analisis Semiotika Show “Pragiwaksono World Tourâ€). Koneksi, 4(2), 185. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8077

Menyoroti Kinerja DPR Masa Pandemi. (2021). Pusat Studi Hukum Dan Kebijakan Indonesia. https://pshk.or.id/aktivitas/menyoroti-kinerja-dpr-masa-pandemi/

Muchta, A. (2019). Definisi Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli. Autoexpose. https://www.autoexpose.org/2019/06/definisi-metode-penelitian-kualitatif.html

Papana, R. (2016). Buku Besar: Stand up Comedy Indonesia. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=MixIDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=stand+up+comedy+di+indonesia&ots=gG2N8Eppvh&sig=8uwV9IqLuGvZE55G0hBzfb7Xz38&redir_esc=y#v=onepage&q=stand up comedy di indonesia&f=false

Rizky, P. A. (2020). Ada Kritik di Balik Komedi. Remotivi. https://www.remotivi.or.id/mediapedia/632/ada-kritik-di-balik-komedi

Sahidillah, M. W., & Sunanda, A. (2014). ritik Sosial dalam Kumpulan Puisi Stanza dan Blues Karya WS Rendra: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya dengan Bahan Ajar di SMA. In Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sandiasa, G. (2020). In-Efisiensi Manajemen Informasi dan Komunikasi Administrasi Publik Akibat Berita Hoak. Locus Majalah Ilmiah FISIP, 12(1), 50–59. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/LOCUS/article/download/287/284

Saptaningsih, N., & Sari, V. P. (2015). Kritik Sosial Dalam Humor Stand Up Comedy Episode “Kita Indonesia†(Kajian Pragmatik). Proceeding Prasasti, 324–328. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article/viewFile/172/154

Sugiwardana, R. (2014). PEMAKNAAN REALITAS SERTA BENTUK KRITIK SOSIAL DALAM LIRIK LAGU SLANK Ridwan Sugiwardana. Skiptorium, 2(2), 86–96.

Susanto, R. D., & Irwansyah, I. (2021). Media Sosial , Demokrasi , Dan Penyampaian Pendapat Politik. Jurnal Lontar, 9(1), 65–77.

Taprial, V., & Kanwar, P. (2017). UNDERSTANDING SOCIAL MEDIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v11i1.7546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>