SELF DISCLOSURE PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Kualitatif Self Disclosure Pada Pengguna Media Sosial Twitter)

Alvira Iswinda Mu'alifah, Sumardjijati .

Abstract


Penelitian ini membahas tentang self disclosure yang dilakukan oleh para pengguna media sosial Twitter. Self disclosure merupakan suatu kegiatan komunikasi ketika pelaku pengungkapan diri mengunggah informasi rahasia secara sengaja dengan tujuan tertentu. Informasi tersebut diunggah melalui Twitter sebagai media dan diterima oleh para audiens yang dituju. Twitter menjadi pilihan bagi para penggunanya sebagai media dalam proses self disclosure karena terdapat fitur yang menarik dibandingkan dengan media sosial lainnya. Twitter memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk mencuitkan teks dengan batasan jumlah karakter. Hal yang menarik bagi peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengungkapan diri tersebut bisa terlaksana melalui media sosial Twitter yang merupakan media sosial berbasis teks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori Johari Window dan teori Computer Mediated Communication (CMC). Terdapat jumlah informan sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap informan memiliki banyak perbedaan dalam proses pengungkapan diri, tergantung situasi dan kondisi yang sedang dialami. 


References


Amy Shields Dobson, Brady Robards, N. C. (2018). Some Antecedents and Effects of Trust in Virtual Communities. In Journal of Strategic Information Systems,: Vols. 11(3-4). Palgrave Macmillan, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-97607-5_1

Annur, C. M. (2022, March 23). Pengguna Twitter Indonesia Masuk Daftar Terbanyak di Dunia, Urutan Berapa? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/pengguna-twitter-indonesia-masuk-daftar-terbanyak-di-dunia-urutan-berapa

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3, no.2, 1–16.

Bahfiarti, T. (2020). Batasan Privasi Komunikasi Interpersonal Perempuan Muslim Bercadar Di Kota Makassar. Jurnal Jurnalisa : Jurnal Jurusan Jurnalistik, 6(1), 66. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v6i1.13045

Hapsari, N. F. (2020). Self Disclosure dalam Era Digital (Analisis Deskriptif Kualitatif Aspek-Aspek Self Disclosure Pada Akun Instagram Behome.id). UPN “Veteran†Jawa Timur.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sositeknologi (Nunik Siti Nurbaya (ed.); Cet. 2). Simbiosa Rekatama Media.

Petronio, S. (2000). The boundaries of privacy: Praxis of everyday life (1st. Balan). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.

West, R., & Turner, L. (2007). Introducing Communication Theory : Analysis and Application (3rd ed.). McGraw Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v11i1.7510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>