STRATEGI PROGRAM RRI PLAY GO DALAM MEMBANGUN INOVASI DIGITAL SEBAGAI RADIO VISUAL "Tonton Apa yang Anda Dengar" (Studi deskriptif : Radio Republik Indonesia “RRIâ€)

Yusuf Sapari, Muhammad Iqbal Manshur, M. Kamaludin

Abstract


Saat ini digitalisasi telah berkembang pesat, tidak terkecuali dunia penyiaran radio. Perkembangan tersebut merubah anime masyarakat terhadap media informasi yang dikonsumsi, hal tersebut menuntut media masa konfrensional seperti radio dengan transmisi sinyal radio untuk membuat strategi inovasi dan terobosan baru di dunia digital. Jaringan internet yang mudah diakses oleh masyarakat menjadi jalan alternatif penggunaan media onlineuntuk memperoleh berbagai informasi dengan cepat. Untuk mempertahankan eksistensi, RRI melakukan terobosan teknologi digital yaitu RRI PLAY GO, RRI PLAY GO. Aplikasi tersebutbisadidengarkanmelalui handphone, dan menyiarkan seluruh siaran RRI diberbagai daerah aupun pusat. RRI juga memiliki (a) radio picture (radio bergambar): pendengar dapat melihats uasana didalam ruangan siaran dengan cara streaming melalui internet, dan (b) audio streaming: didengarkandengancaramengakses web RRI. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data penelitian melalui data primer dan sekunder melalui wawancara pejabat individu yang terlibat dalam proses produksi atau operasional RRI Play Go dan beberapa pengguna aplikasiRRI Play Go. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan kriteria khusus. Adapun analisis teknik penelitian menggunakan analisis SWOT guna merancang strategi program RRI Play Go dalam menggunakan kekuatan (strength), meminimalisis kelemahan (weakness), memanfaatkan peluang (opportunities) dan menghindari ancaman (threat) dalam membangun inovasi digital sebagai radio visual. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa RRI Play Go mempunyai strategi menggunakan kekuatan untuk membangun inovasi yaitu menggunakan konten-konten yang ada untuk melayani publik di Indonesia dan luar negri, SDM juga sangat diperhatikan, dikelola, juga dikembangkan SDM-nya. Selin pemutakhiran SDM, pemutakhiran sistem yang mengoperasikan RRI Play Go, strategi memanfaatkan peluang untuk membangun inovasi digital yaitu RRI Play Go melakukan memberikan konten yang tidak ada pada aplikasilan sejenis, RRI Play Go melakukan kerjasama dengan media masa atau penyedia informasi lain.

Kata Kunci : Inovasi Digital, RRI Play Go, Media Penyiaran, Radio Visual


References


Sendjaja, S. Djuarsa. 1993. Teori Komunikasi.Jakarta: Universitas Terbuka

Errol, Jonathans, 2006. Socrates di Radio: Socrates di Radio. Yogyakarta: Gongplus dan Radio Suara Surabaya.

Effendy, Onong Uchjana. 2007, Komunikasi : Teori dan Praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Gunawan, Imam. 2015. MetodePenelitianKualitatifTeori dan Praktik. Jakarta: PT. BumiAksara.

Djamal, Hidajanto dan Fachruddin, Andi, 2011. Dasar-dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Jakarta: Kencana

Hunger, David dan Wheelen, Thomas, 1996, Manajemen Strategis, Yogyakarta. Andi Press.

Wahyudi, J.B, 1994. Dasar-dasarManajemenPenyiaran, Jakarta: Gramedia.

Riswandi, 2009. Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>