ADAPTASI INDUSTRI PERHOTELAN DI MASA COVID-19: ANALISIS ISI INSTAGRAM HOTEL CONRAD BALI, FAIRMONT JAKARTA, DOUBLETREE SURABAYA

Ilmi Fadlilah, Heidy Arviani

Abstract


Pandemi Covid-19 mempengaruhi keseharian masyarakat, tidak terkecuali pada factor bisnis. Saat industri mulai membaik, Indonesia kembali berjuang dengan pandemi Covid-19 yang memasuki gelombang kedua. Sektor industri perhotelan menjadi salah satu sektor dengan dampak pandemi paling besar. Oleh karena itu, pada penelitian ini penulis meneliti bagaimana konsep content marketing pada media sosial Instagram yang dilakukan oleh Hotel Conrad Bali, Fairmont Jakarta dan Doubletree by Hilton Surabaya yang mana hotel-hotel tersebut menjadi nominasi sebagai Indonesia Best MICE Hotel 2021. Penelitian ini akan dilakukan pada unggahan akun Instagram hotel-hotel tersebut yang dibagikan sejak tanggal 12 Mei 2021 hingga 12 Agustus 2021, yang mana pada waktu tersebut Indonesia sedang memasuki fase kedua pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa pandemi gelombang kedua akun Instagram @conradbali membagikan konten yang menunjukkan value hotel yang memiliki unsur kehangatan, kedekatan dan kenyamanan dan juga konten tentang mascot hotel yakni Comonk yang merupakan singkatan dari Conrad Monkey. Konten yang dibagikan oleh akun Instagram hotel Faimont Jakarta memiliki unsur ketokohan yang kuat, seperti konten tentang chef hotel dibalik layar, pegawai hotel, dan tamu-tamu terkenal yang berkunjung ke hotel. Selama masa pandemi gelombang kedua, akun Instagram Doubletree by Hilton Surabaya membagikan konten yang bannyak membahas hal-hal yang dimiliki atau fasilitas yang ditawarkan oleh hotel.


References


Afriyadi, A. D. (2020, Agustus 23). Tembus Rekor! 46 Perusahaan Raksasa Bangkrut Gara-gara Corona [Halaman web]. Diakses dari: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5143179/tembus-rekor-46-perusahaan-raksasa-bangkrut-gara-gara-corona

Akar, E., & Topçu, B. (2011). An examination of the factors influencing consumers' attitudes toward social media marketing. Journal of internet commerce, 10(1), 35-67.

Arbar, Thea Fatanah (2021, Agustus 2). Menkes: Gelombang Kedua Covid-19 RI Sudah Lewati Puncaknya. [Halaman Web]. Diakses dari:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210802202341-4-265574/menkes-gelombang-kedua-covid-19-ri-sudah-lewati-puncaknya

Bakhshi, S., Shamma, D. A., & Gilbert, E. (2014, April). Faces engage us: Photos with faces attract more likes and comments on instagram. In Proceedings of the SIGCHI conference on human factors in computing systems (pp. 965-974).

Cvijikj, I. P., & Michahelles, F. (2013). Online engagement factors on Facebook brand pages. Social network analysis and mining, 3(4), 843-861.

De Vries, L., Gensler, S., & Leeflang, P. S. (2012). Popularity of brand posts on brand fan pages: An investigation of the effects of social media marketing. Journal of interactive marketing, 26(2), 83-91.

El Junusi, R. (2020). Digital marketing during the pandemic period; A study of islamic perspective. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 15-28.

Ginsberg, K. (2015). "Instabranding: Shaping the Personalities of the Top Food Brands on Instagram." Elon Journal of Undergraduate Research inCommunications, 6(1). Retrieved from http://www.inquiriesjournal.com/a?id=1131

Hollebeek, L. D. (2011). Demystifying customer brand engagement: Exploring the loyalty nexus. Journal of marketing management, 27(7-8), 785-807.

Hoolwerff, D. (2014). Does your mascot match your brand’s personality? An empirical study on how visual characteristics of a brand mascot can function as a tool for transmitting an archetypical brand personality (Master's thesis, University of Twente).

Johansson, U., & Eklöf Wallsbeck, F. (2014). Instagram Marketing: When brands want to reach Generation Y with their communication.

Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business research, 65(10), 1480-1486.

KisioÅ‚ek, A. (2020, June). Marketing communication in the time of a pandemic. In Ð£Ð¿Ñ€Ð°Ð²Ð»Ñ–Ð½Ð½Ñ Ñ–Ð½Ð½Ð¾Ð²Ð°Ñ†Ñ–Ð¹Ð½Ð¸Ð¼ процеÑом в Україні: розвиток Ñпівпраці: тези доповідей VІІІ Міжнародної науково-практичної конференції (pp. 101-103). Видавництво ЛьвівÑької політехніки.

Kovacevic, M. (2019). How can small fashion brands get the best from instagram? A multi-case analysis in the fashion industry (Doctoral dissertation).

Kristiutami, Y. P. (2021). Strategi Pemasaran Hotel Grand Asrilia di Masa Pandemi Covid-19. Media Wisata, 19(1), 1-10.

Lidwina, Andrea. (2021, June 2). Pola Belanja Online di Kalangan Anak Muda Berubah di Masa Pandemi [Halaman Web]. Diakses dari:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/03/pola-belanja-online-di-kalangan-anak-muda-berubah-saat-pandemi

McPheat, S. (2011). Content marketing. Odongo, Content Marketing: Using it Effectively for Brand Strategy and Customer Relationship Mangement (online).

Napoli, J., Dickinson, S. J., Beverland, M. B., & Farrelly, F. (2014). Measuring consumer-based brand authenticity. Journal of Business Research, 67(6), 1090-1098.

Pulizzi, J. (2013). Epic content marketing: How to tell a different story, break through the clutter, and win more customers by marketing less. McGraw-Hill Education.

Piñeiro-Otero, T., & Martínez-Rolán, X. (2016). Understanding digital marketing—basics and actions. In MBA (pp. 37-74). Springer, Cham.

Richards, O., & Landrum, A. R. (2020). A Deep Look at the Benefits of Behind-the-Scenes Content: A Scientific Investigation into Seeing the Producers of KQED's Nature Series at Work.

Royle, J., & Laing, A. (2014). The digital marketing skills gap: Developing a Digital Marketer Model for the communication industries. International Journal of Information Management, 34(2), 65-73.

Rugova, B., & Prenaj, B. (2016). Social media as marketing tool for SMEs: opportunities and challenges. Academic Journal of Business, 2(3), 85-97.

Sharma, S., & Verma, H. V. (2018). Social media marketing: Evolution and change. In Social media marketing (pp. 19-36). Palgrave Macmillan, Singapore.

Social Media Trends 2020 Report. (2020). Diakses pada September 28, 2021 dari halaman web: https://www.hootsuite.com/resources/social-media-trends-2020-report

Statista Research Department. (2021, August 3). Leading Social Media Platform Used bby Marketers Worldwide as of January 2021 [Halaman Web]. Diakses dari:

https://www.statista.com/statistics/259379/social-media-platforms-used-by-marketers-worldwide/

World MICE Awards. (2021). Diakses pada Februari 14, 2022 dari halaman web: https://worldmiceawards.com/award/indonesia-best-mice-hotel/2021




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i1.7011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>