PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN IMAGE DI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER CIC CIREBON ( Studi Deskriptif kualitatif tentang Peran Public Relations di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer CIC Cirebon )

Noerrochmani Aswita Dian, Rakhmat Hidayat, Widiyanti Widiyanti

Abstract


Latar belakang skripsi ini adalah membahas tentang bagaimana peran Public Relations dalam meningkatkan image di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) CIC Cirebon.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran dan strategi apa yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) CIC Cirebon dalam meningkatkan imagenya, juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung tercapainya hal tersebut juga untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang ditemui. Kajian teoritis membahas tentang bagaimana peran komunikasi dalam menunjang kegiatan Public Relations dalam hal ini apa pengertian Public Relations, bagaimana peranannya serta ruang lingkupnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana data digambarkan secara objektif berdasarkan fakta dan informan. Hasil penelitian yaitu bahwa selama ini peran Public Relations di STMIK CIC sudah dijalankan dengan cukup baik ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pendaftar. Kesimpulan dan saran, peran Public Relations telah dijalankan dengan cukup baik, semoga STMIK CIC selalu mempertahankan dan tetap menjalankan peranannya dengan baik agar hasilnya dapat dirasakan oleh semua pihak terutama dalam menciptakan image yang positip.

Kata Kunci : Public Relations, Komunikasi, Image.


References


Anwar Arifin, 1994, Strategi Komunikasi., Bandung, Amrico.

Abdurrachman Oemi, 1995, Dasar-dasar Public Relations, PT. Citra Aditya Bakti.

Devito, Joseph A., 1979, Communicology: An Intoduction to The Study of Comunication, Harper & Row, Publishing, New York-London.

Edward L. Bernay, 1952, Public Relations, University of Oklahoma Press.

Effendy, Onong Uchjana, 1986, Dimensidimensi Komunikasi, Bandung, Penerbit Alumni.

Effendy, Onong Uchjana, 1993, Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana, 1993, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung, PT. Ciptra Aditya Bakti.

Elhaitarumy T., 1990, Service of Excellence : Ujung Tombak Bank Marketing, Bank dan Manajemen, Jakarta.

Jekins, Frank, 1992, Public Relations, Edisi Keempat, Drs. Haris Munandar. Kasali, Rhenald, 1994, Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta, Grafitti.

Kotler, Philip, 1993, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Alih Bahasa Jaka Warsawa dan Herujati Purwoko, Jakarta, Erlangga.

Liliweri, Alo, 1991, Komunikasi Antarpribadi, Bandung, Citra Aditya Bakti. Mulyana, Dedy, 2005, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Rex Harlow, 1978, A Model for Public Relations Education for Professional Practices, Internasional Public Relations Association (IPRA).

Ruslan, Rosady, 1995, Aspek-aspek Hukum dan Etika dalam Aktivitas Public Relations/Kehumasan, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Ruslan, Rosady, 2003, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Jakarta, PT. Raja Garfindo Persada.

Ruslan, Rosady, 2006, Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Jakarta, PT. Raja Garfindo Persada.

Ruslan, Rosady, 2008, Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Edisi

Revisi, Jakarta, PT. Raja Garfindo Persada.

Soemirat dan Ardianto, 2008, Dasar-dasar Public Relations, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Sumber Lain :

Website STMIK CIC : http://www.cic.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v1i2.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>