ANALISIS KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL MANAGER ON DUTY (MOD) KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN CUSTOMER (Study Deskriptif Komunikasi Antar Personal yang dilakukan MOD KFC Kartini Cirebon)

Wiken Kurniawati, Heriyani Agustina, Farida Nurfalah

Abstract


†Analisis Komunikasi Antarpersonal Manager On Duty (MOD) Kentucky Fried Chicken (KFC) dalam Meningkatkan Kepuasan Cutomer†(Study Deskriptif Komunkasi Antarpersonal yang Dilakukan MOD KFC Kartini Cirebon). Komunikasi berfungsi sebagai penyampaian pesan terhadap komunikator dan komunikan, selain itu juga menjadi media marketing bagi sebuah bidang jasa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis komunikasi antarpersonal di sebuah perusahaan waralaba dengan menggunakan metode wawancara, analisis data dan triangulas data. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahui pelaksanaan komunikasi yang dilakukan 2. Hambatan- hambatan pelaksanaan 3. Kualitas jasa pelaksanan yang dilakukan oleh Manager On Duty. Penelitian ini difokuskan pada tiga bulan di Kentucky Fried Chicken (KFC) Kartini kota Cirebon dengan analisis dan mengamati pelaksanaan pola komunikasi yang dilakukan manager on duty. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan komunikasi dilakukan pada low seasion dan peak season, hambatan yang ditemui yaitu pola jadwal yang tidak sesuai.


Kata Kunci : Komunikasi antar personal, Kepuasan customer


References


Alo Liliweri, 1991. Memahami peran komunikasi massa dalam masyarakat. Bandung.Citra aditya bakti

Dean C Barnlund, 1968. Interpersonal communication. Survey & Studies.Hougton mufflin

Farida jasfar, 2002. Manajemen jasa ; Pendekatan terpadu, jakarta ; lembaga penerbit Fakultas Ekonomi trisakti Kotler, Philip.2002. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Milenium. PT. Prenhalindo, Yakarta

Lexy J Moloeng, 2004. Metode penelitian kualitatif, Bandung. Remaja rosda karya

Lupiyoadi.2004. Enterpreneurship. From mindset to strategy, Jakarta. Lembaga penerbit fakultas ekonomi UI

Micheal Quinn Patton, 1987. How to use qualitative methods in evaluation. Sage publication

Milles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication

Moleong, Lexy. 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif Cet. 15; Bandung: Rosdakarya

Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu, Edisi Pertama

Kutipan Wawancara dengan Informan, Februari - Maret 2013 Data Pendukung Sales KFC Kartini Cirebon 2012-2013

Data Personalia KFC Kartini Cirebon 2012-2013




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v1i2.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>