KONSTRUKSI MAKNA MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON

Mahmudah Mahmudah

Abstract


Tuntutan pengembangan sumber daya manusia dari waktu kewaktu semakin meningkat. Oleh karena itu layanan pendidikan harus mampu mengikuti perkembangan tersebut. Selain keluarga dan sekolah, masyarakat memiliki peran tersendiri terhadap pendidikan. Kenyataannya sering kita jumpai banyak pelajar atau mahasiswa yang tidak mampu menyikapi dengan baik pendidikan yang ditempuhnya. Ketidakmampuannya tersebut menyebabkan nilai prestasi dalam kuliahnya hampir semuanya jelek. Kondisi tersebut diantaranya terjadi karena waktu mereka lebih banyak dihabiskan untuk berhura-hura sepulang dia kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi makna mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati tentang pendidikan di perguruan tinggi, yang meliputi : makna Unswagati sebagai perguruan tinggi, makna perkuliahan, makna dosen dan makna kegiatan kemahasiswaan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang mempunyai pengalaman tentang pendidikan di Unswagati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian dokumen. Hasil penelitian mahasiswa memaknai gedung Unswagati cukup megah, cukup bagus, dan belum megah.  Nama Unswagati dimaknai populer, manajemennya dimakanai kurang bagus, cukup bagus lulusannya dinilai banyak yang berhasil.  Pendidikannya lebih baik dan biaya pendidikannya mahal.  Perkuliahan dimaknai cukup kondusif, kondusif, dan kurang kondusif.  Dosen dimaknai cukup kompeten, kompeten, dan kurang kompeten.  Kegiatan kemahasiswaan dimaknai mengembangkan pemikiran, menumbuhkan kemandirian, membentuk jiwa pemimpin yang bermanfaat bagi orang lain, memupuk mental spiritual, dan memupuk rasa kemanusiaan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kehidupan di dunia kampus.

Kata Kunci :  Konstruksi makna, mahasiswa, perguruan tinggi. 


References


Creswell, John W.. 1998. QualitativeInquiryand Research Design ; ChoosingAmongFiveTraditions. The United States of America: SagePublications, Inc. USA.

Moleong, Lexy J. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya. Monks, F. J., Knoers, A. M. P., Haditono, S. R. 2002. Psikologi Perkembangan. Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Santrock, J. W. 2002. Life Span Development Jilid 2. Alih Bahasa Achmad Chusairi&Juda Damanik. Jakarta: Erlangga.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Lain – lain:

Ahmad Basuki. 2010. Organisasi Mahasiswa, Menciptakan Sarjana Plus. Melalui [28/8/10].

Visi, Misi dan Tujuan 2010.

Melalui [5/7/2010].




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v1i2.682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>