STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. KERETA API INDONESIA (Studi Kasus Kereta Api Argo Parahyangan)
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v4i1.654Abstract
Penelitian tentang Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Kereta Api Indonesia (Studi Kasus di Kereta Api Argo Parahyangan) ini membahas tentang strategi komunikasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam pemasaran Kereta Api Argo Parahyangan. Titik fokusnya adalah pilihan strategi komunikasi pemasaran, pelaksanaan, pengawasan, serta alasan pemilihan strategi komunikasi pemasaran tersebut. Kereta Api Argo Parahyangan memiliki banyak keunikan sehingga masih menjadi primadona penggunanya. Namun tetap saja jumlah pengguna kereta api tersebut mengalami penurunan karena bersaing dengan moda transportasi darat lainnya. Hal ini menyebabkan perlu strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar penggunanya meningkat kembali.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan berlandaskan pada paradigma konstruktivis. Informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 2 (dua) orang, sedangkan 4 (empat) orang menjadi informan pendukung dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui media cetak dan elektronika, seperti website, media sosial, radio, surat kabar dan brosur untuk iklan promo maupun pemberitaannya. Unsur promotion mix muncul pada promo harga tiket akhir tahun 2015 dalam pelaksanaan promosi (promotion), distribusi (place) dan penetapan harga promo (price). Upaya strategi komunikasi pemasaran tersebut menunjukkan dampak signifikan terhadap peningkatan okupansi penumpang kereta api Argo Parahyangan. Namun, pelaksanaan promosi masih dipandang belum berhasil menyampaikan pesan kepada masyarakat secara luas. Dengan demikian, masih banyak masyarakat umum yang tidak mengetahui tentang promo tersebut.
Â
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, PT. Kereta Api Indonesia, Kereta Api Argo Parahyangan, Promosi, Website, Media Sosial
References
DAFTAR PUSTAKA
Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Effendi, O. Uchana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Kotler, Philips. 2000. Marketing Management. New Jersey : The Millennium Edition, Prentice Hall International Edition.
Kotler, Philips. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu. Jakarta : Indeks.
Michaelson, Gerald & Stephen W. Michaelson. 2004. Sun Tzu Strategi Pemasaran, Sun Tzu Strategies for Marketing. Batam Centre, Riau: Karisma Publishing Group.
Sari, Widiyani Puspita. 2012. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yin, K. Robert. 2002. Study Kasus: Desain dan Metode. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sumber Internet:
Anonim. 2010. “KA Argo Parahyangan Bukan Eks Parahyangan†dalam http://news.okezone.com/read/2010/04/29/340/327459/ka-argo-parahyangan-bukan-eks-parahyangan. diakses 1 Mei 2016.
Cheang, Linda. 2010. “KA Parahyangan, Sang Legendaris Pun Harus Berhenti†dalam http://baltyra.com/2010/04/29/ka-parahyangan-sang-legendaris-pun-harus-berhenti/. diakses 1 Mei 2016.
Ginulur, G. T. 2010. “Sejuta Kenangan Warga dengan KA Parahyanganâ€. http://m.okezone.com/read/2010/04/26/340/326445/sejuta-kenangan-warga-dengan-ka-parahyangan?=utm_source=br. Diakses 05 April 2016.
Wikipedia. 2016. “Kereta Api Indonesia dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_Api_Indonesia), diakses 01 Mei 2016.
Wikipedia. 2016. Sejarah perkeretaapian di Indonesia https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkeretaapian_di_Indonesia. diakses 01 Mei 2016.
Sumber lain:
PT. KAI. 2013. Profil Perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.