PERAN UPDATE STATUS FACEBOOK SEBAGAI MEDIA EKSISTENSI DIRI (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Update Status Facebook Di Kalangan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cirebon)

devi pitrianengsih

Abstract


Media jejaring sosial sudah menjadi dunia yang sangat diminati oleh kaum muda diseluruh dunia tidak terkecuali bagi kaum muda di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui alasan facebookers dalam memilih facebook sebagai media eksistensi diri mereka. (2). Untuk mengetahui peran update status facebook dalam menampilkan eksistensi diri; (3). Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami facebookers dalam menampilkan eksistensi dirinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa STIKOM Cirebon tingkat 3 semester 6. Hasil penelitian bahwa : (1). Minat setiap facebookers antara satu dan lainnya berbeda-beda hal itu disebabkan oleh faktor pengetahuan, pengamatan, tanggapan, persepsi dan sikap dalam memilih facebook sebagai media untuk menampilkan eksistensi dirinya yang saling berkaitan. (2). Eksistensi diri dikalangan mahasiswa STIKOM karena  dipengaruhi oleh konsep diri, pembukaan diri, presentasi diri ketika melakukan update status. (3). Hambatan-hambatan yang terjadi karena gangguan teknis karena sinyal provider yang tidak stabil, gangguan semantik, gangguan latar belakang budaya, rintangan psikologis dan rintangan kerangka berfikir.

 

 

Key Work : Peran, Up Date Status, Eksistensi Diri


References


Buku-Buku :

Ardianto, Elviro. 2005. Komuniaksi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

_______, ¬_____. 2011. Komunikasi 2.0 Teoritis dan Implikasi. Yogyakarta: Mata Padi Pressindo

Arifin, Anwar. 2003. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi, 2010. Jakarta:Raja Pressindo Persada

Devito, Joseph a. Komunikasi antar Manusia. 1997. Jakarta: Profesional Books

Dukom, Master. 2011. Menjadi Master Internet Dalam Hitunga Menit. Jakarta: Dunia Komputer

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Bandung: Rosdakarya

Lexy, Moleong. 2010. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto. 2010. Dinamika Kelompok Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatfif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta

Supratiknya. 1995. Tinjauan Psikologis Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius

Uno, Hamzah B. Teknologi Komunikais dan Informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sumber Lain:

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat. Jakarta: Gramedia

http://tekno.kompas.com/read/2012/02/01/09153884/Jumlah.Pengguna.Facebook.Indonesia.Disusul.India diakses pada tanggal 7 April 2012 pukul 19.00

http://situs-jejaring-sosial.blogspot.com/ di akses pada tanggal 10 april 2012 pukul 21.09

http://www.tempo.co/read/news/2012/02/02/072381323/Indonesia-Pengguna-Twitter-Terbesar-Kelima-Dunia di akses pada tanggal 12 April 2012 pukul 20.49

http://mediakartu.wordpress.com/2010/09/26/apa-itu-new-media/ diakses pada tanggal 26 Maret 2012 pada pukul 21.10

http://www.psychologymania.com/2011/08/faktor-faktor-dan-aspek-aspek-minat.html diakses pada tanggal 26 Maret 2012 pada pukul 21.20

Suharso. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang :Widya Karya

Utomo, Eko Priyono. 2011. Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi. Cakrawala : Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v1i1.653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>