PERAN UPDATE STATUS FACEBOOK SEBAGAI MEDIA EKSISTENSI DIRI (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Update Status Facebook Di Kalangan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cirebon)
Abstract
Media jejaring sosial sudah menjadi dunia yang sangat diminati oleh kaum muda diseluruh dunia tidak terkecuali bagi kaum muda di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui alasan facebookers dalam memilih facebook sebagai media eksistensi diri mereka. (2). Untuk mengetahui peran update status facebook dalam menampilkan eksistensi diri; (3). Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami facebookers dalam menampilkan eksistensi dirinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa STIKOM Cirebon tingkat 3 semester 6. Hasil penelitian bahwa : (1). Minat setiap facebookers antara satu dan lainnya berbeda-beda hal itu disebabkan oleh faktor pengetahuan, pengamatan, tanggapan, persepsi dan sikap dalam memilih facebook sebagai media untuk menampilkan eksistensi dirinya yang saling berkaitan. (2). Eksistensi diri dikalangan mahasiswa STIKOM karena dipengaruhi oleh konsep diri, pembukaan diri, presentasi diri ketika melakukan update status. (3). Hambatan-hambatan yang terjadi karena gangguan teknis karena sinyal provider yang tidak stabil, gangguan semantik, gangguan latar belakang budaya, rintangan psikologis dan rintangan kerangka berfikir.
Â
Â
Key Work : Peran, Up Date Status, Eksistensi Diri
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buku-Buku :
Ardianto, Elviro. 2005. Komuniaksi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
_______, ¬_____. 2011. Komunikasi 2.0 Teoritis dan Implikasi. Yogyakarta: Mata Padi Pressindo
Arifin, Anwar. 2003. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi, 2010. Jakarta:Raja Pressindo Persada
Devito, Joseph a. Komunikasi antar Manusia. 1997. Jakarta: Profesional Books
Dukom, Master. 2011. Menjadi Master Internet Dalam Hitunga Menit. Jakarta: Dunia Komputer
Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Bandung: Rosdakarya
Lexy, Moleong. 2010. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto. 2010. Dinamika Kelompok Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung:Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatfif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta
Supratiknya. 1995. Tinjauan Psikologis Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius
Uno, Hamzah B. Teknologi Komunikais dan Informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sumber Lain:
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat. Jakarta: Gramedia
http://tekno.kompas.com/read/2012/02/01/09153884/Jumlah.Pengguna.Facebook.Indonesia.Disusul.India diakses pada tanggal 7 April 2012 pukul 19.00
http://situs-jejaring-sosial.blogspot.com/ di akses pada tanggal 10 april 2012 pukul 21.09
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/02/072381323/Indonesia-Pengguna-Twitter-Terbesar-Kelima-Dunia di akses pada tanggal 12 April 2012 pukul 20.49
http://mediakartu.wordpress.com/2010/09/26/apa-itu-new-media/ diakses pada tanggal 26 Maret 2012 pada pukul 21.10
http://www.psychologymania.com/2011/08/faktor-faktor-dan-aspek-aspek-minat.html diakses pada tanggal 26 Maret 2012 pada pukul 21.20
Suharso. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang :Widya Karya
Utomo, Eko Priyono. 2011. Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi. Cakrawala : Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v1i1.653
Refbacks
- There are currently no refbacks.