PERAN TAYANGAN PROGRAM TELEVISI “SI BOCAH PETUALANG†DI TRANS7 PADA POLA PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER 1 KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON
Abstract
Melalui pesan yang dikemas secara menarik, program televisi dapat memberikan efek pada perubahan opini dan sikap dari khalayaknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Mendeskripsikan pesan yang disampaikan dalam tayangan program televisi “Si Bocah Petualang†di Trans7; 2. Mendeskripsikan pula teknik penyajian Tayangan Program Televisi “Si Bocah Petualang†di Trans7; 3. Mendeskripsikan peran tayangan program televisi “Si Bocah Petualang†di Trans7 pada pola perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri Sumber 1 Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon? Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, yaitu menangkap berbagai fakta dan fenomena-fenomena sosial, melalui pengamatan di lapangan, kemudian menganalisa hasil pengamatan tersebut dan berupaya melakukan teorisasi berdasarkan apa yang diamati. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposif (purposive sampling). Hasilnya, peran tayangan Program televisi “Si Bocah Petualang†di Trans7 pada pola perilaku siswa yakni memotivasi siswa untuk lebih melestarikan lingkungan alam dan permainan tradisional, membantu teman dan orang tua, dan meningkatkan kreativitas anak.
Â
Â
Â
Â
Kata Kunci : peran tayangan, pola perilaku
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Ardianto, Elvinaro. 2005. Komunikasi Massa suatu pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hamid, Moh.Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta : Diva Press
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Media Group.
Moleong, Lexy. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Soehartono, Irawan. 1995. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Walgito, Bimo. 1999. Psikologi Sosial. Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Iryanto. 2006. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : PT Grasindo
Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sumber Lain:
http://blog.umy.ac.id/yaharisadoank/2012/01/07/pengaruh-tayangan-televisi-terhadap-sikap-dan-perilaku-anak/
Diakses 03 April 2012, 20:14:11 WIB
http://publikasi.umy.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/448 Diakses 03 April 2012,
:05:32 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v1i1.650
Refbacks
- There are currently no refbacks.