PERAN TAYANGAN PROGRAM TELEVISI “SI BOCAH PETUALANG†DI TRANS7 PADA POLA PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER 1 KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

sri yuliananingsih

Abstract


Melalui pesan yang dikemas secara menarik, program televisi dapat memberikan efek pada perubahan opini dan sikap dari khalayaknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Mendeskripsikan pesan yang disampaikan dalam tayangan program televisi “Si Bocah Petualang†di Trans7; 2. Mendeskripsikan pula teknik penyajian Tayangan Program Televisi “Si Bocah Petualang†di Trans7; 3. Mendeskripsikan peran tayangan program televisi “Si Bocah Petualang†di Trans7 pada pola perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri Sumber 1 Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon? Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, yaitu menangkap berbagai fakta dan fenomena-fenomena sosial, melalui pengamatan di lapangan, kemudian menganalisa hasil pengamatan tersebut dan berupaya melakukan teorisasi berdasarkan apa yang diamati. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposif (purposive sampling). Hasilnya, peran tayangan Program televisi “Si Bocah Petualang†di Trans7 pada pola perilaku siswa yakni memotivasi siswa untuk lebih melestarikan lingkungan alam dan permainan tradisional, membantu teman dan orang tua, dan meningkatkan kreativitas anak.

 

 

 

 

Kata Kunci : peran tayangan, pola perilaku


References


Daftar Pustaka

Ardianto, Elvinaro. 2005. Komunikasi Massa suatu pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hamid, Moh.Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta : Diva Press

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Media Group.

Moleong, Lexy. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Soehartono, Irawan. 1995. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Walgito, Bimo. 1999. Psikologi Sosial. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Iryanto. 2006. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : PT Grasindo

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sumber Lain:

http://blog.umy.ac.id/yaharisadoank/2012/01/07/pengaruh-tayangan-televisi-terhadap-sikap-dan-perilaku-anak/

Diakses 03 April 2012, 20:14:11 WIB

http://publikasi.umy.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/448 Diakses 03 April 2012,

:05:32 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v1i1.650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>