PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK FASHION DI KALANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v1i1.649Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi semakin mempermudah arus pertukaran informasi melalui layanan internet. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1). Mendeskripsikan pandangan mahasiswa terhadap pemanfaatan facebook sebagai media promosi fashion; (2). Mendeskripsikan daya tarik facebook sebagai media promosi fashion?; (3). Mendeskripsikan minat mahasiswa terhadap promosi jenis fashion melalui akun facebook?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis data menggunakan model analisa interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1). facebook merupakan situs jejaring sosial yang sekarang bertambah fungsi yaitu tidak hanya sebagai situs pertemanan saja tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi produk seperti promosi fashion secara online. (2). Promosi fashion melalui facebook dipandang baik oleh semua mahasiswa yang dalam hal ini sebagai informan. (3). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan mahasiswa yang bersifat homogen dalam memilih produk fashion melalui media online khususnya facebook adalah perasaan dan emosi.
Â
Â
Kata kunci : jejaring sosial, media promosi, mahasiswa
References
Astrid,Erhans. 2009. Internet. Jakarta: Ercontara Rajawali.
Baudvilad.J. 2004. media.Jakarta:Bumi aksara
Berlo(1969) the proces communication an introduction theory and practise.PT Remaja Rosdakarya.
Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Kuliah Dasar. Jakarta: Professional Book.
Effendy, Onong. 2003. Ilmu, Teori dan Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Efvy, Z. 2010. Panduan Membuat Toko Online di Facebook. Yogyakarta : Gava Media.
Irwanto,Dkk . 1989. 105. Konsep dan Batasan Prilaku , Jakarta : Gramedia.
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2005. Humman communication, Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ruslan,Rosady. 2008. Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rakhmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitaif. Bandung: Alfabeta.
Susanto (1986). Komunikasi Massa. Jakarta : Bumi Aksara.
Tim Perfect Com. 2009. Internet Murah Dengan Handphone. Surabaya: Indah Surabaya.
Usman, Husaini. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.
Yusuf, Pawit. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta : Bumi Aksara.
Yusuf Pawit. 2009. Kumpulan Teori-Teori. Jakarta : Bumi Aksara
Sumber lainya:
Website : www.infoskripsi.com 17/9/2012. Jam 20.54
Wikipedia.com 2008 : www.danah.org/
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke empat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
http://research.amikom.ac.id/index.php/KIM/article/view/2427/764
Diakses : Senin, 29 Oktober 2012 pukul 20.07 wib.
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2011/10/membangun-minat-beli-definisi-faktor.html. Diakses : selasa, 30 oktober 2012, pukul 20 : 18 wib.
http://www.bimbaaiueo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=221:pengertian - minat&catid=54:artikel&Itemid=76 . Diakses : selasa, 30 Oktober 2012, pukul 20:08.
http://duniabaca.com/pengertian-atau-definisi-komunikasi.html. Diakses : Sabtu, 1 November 2012 pukul 20:56 wib
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.