FENOMENA BUDAYA KOREA MODERN DALAM CARA BERPAKAIAN DI KALANGAN REMAJA SMA NEGERI 3 CIREBON DI KELAS X6

fitri suryaning dewi

Abstract


Fenomena Korean pop (k-pop) kini tengah digandrungi di seluruh pelosok negeri. Kegandrungan masyarakat akan k-pop ini bukan hanya ditularkan oleh nyayian film film mereka. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian; (1).  Mendeskripsikan remaja SMA Negeri 3 Cirebon dalam mengikuti cara berpakaian Korea Style; (2). Mendeskripsikan media apa yang mereka ketahui dan suka mengenai Fashion Korea; (3). Mendeskripsikan faktor penyebab  remaja siswa di SMA Negeri 3 Cirebon ini menyukai Fashion Korea. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yaitu : Ketertarikan remaja kita pada gaya berpakaian korea ini didasari karena dianggap menarik dan mudah dikenakan. Menyebarnya budaya k-pop ini tidak terlepas dari massif-nya pemberitaan mengenai fenomena k-pop ini. Peran media ini tidak bisa dipungkiri menjadi pengaruh paling dominan dalam penyebaran nilai nilai budaya korea ini. Fenomena ini menjadi semakin terasa kebenarannya, ketika penulis melakukan penelitian di SMU 3 Kota Cirebon. Karena hampir semua responden menyatakan ketertarikannya pada pakaian korea.

 

 

Kata kunci : fenomena budaya, cara berpakaian, remaja

References


Daftar Pustaka

Adeney, Bernard T. 1995. Etika Sosial Lintas Budaya. Yogyakarta: Kanisius. Al-Hadar Smith.

Ardianto, Elvinaro. 2005. Komunikasi Massa suatu pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2004. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media.

Dariyo, Agoes. 2004 . Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Media Group.

Misiak, Henryk. 2007. Psikologi Fenomenologi Eksistensi dan Humanistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedy. 2003. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedy.2005. Komunikasi antar Budaya . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Severin, Warner J – Tankard, James W. 2009. Teori Komunikasi sejarah, metode dan terapan di dalam media massa. Jakarta : Kencana Prenada Media. Wiryanto. 2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Grasindo.

Sujanto, Agus. 2004. Psikologi Umum




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v1i1.648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>