FENOMENA BUDAYA KOREA MODERN DALAM CARA BERPAKAIAN DI KALANGAN REMAJA SMA NEGERI 3 CIREBON DI KELAS X6
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v1i1.648Abstrak
Fenomena Korean pop (k-pop) kini tengah digandrungi di seluruh pelosok negeri. Kegandrungan masyarakat akan k-pop ini bukan hanya ditularkan oleh nyayian film film mereka. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian; (1). Mendeskripsikan remaja SMA Negeri 3 Cirebon dalam mengikuti cara berpakaian Korea Style; (2). Mendeskripsikan media apa yang mereka ketahui dan suka mengenai Fashion Korea; (3). Mendeskripsikan faktor penyebab remaja siswa di SMA Negeri 3 Cirebon ini menyukai Fashion Korea. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yaitu : Ketertarikan remaja kita pada gaya berpakaian korea ini didasari karena dianggap menarik dan mudah dikenakan. Menyebarnya budaya k-pop ini tidak terlepas dari massif-nya pemberitaan mengenai fenomena k-pop ini. Peran media ini tidak bisa dipungkiri menjadi pengaruh paling dominan dalam penyebaran nilai nilai budaya korea ini. Fenomena ini menjadi semakin terasa kebenarannya, ketika penulis melakukan penelitian di SMU 3 Kota Cirebon. Karena hampir semua responden menyatakan ketertarikannya pada pakaian korea.
Â
Â
Kata kunci : fenomena budaya, cara berpakaian, remajaReferensi
Daftar Pustaka
Adeney, Bernard T. 1995. Etika Sosial Lintas Budaya. Yogyakarta: Kanisius. Al-Hadar Smith.
Ardianto, Elvinaro. 2005. Komunikasi Massa suatu pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, Burhan. 2004. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media.
Dariyo, Agoes. 2004 . Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor : Ghalia Indonesia.
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Media Group.
Misiak, Henryk. 2007. Psikologi Fenomenologi Eksistensi dan Humanistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Dedy. 2003. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Dedy.2005. Komunikasi antar Budaya . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Severin, Warner J – Tankard, James W. 2009. Teori Komunikasi sejarah, metode dan terapan di dalam media massa. Jakarta : Kencana Prenada Media. Wiryanto. 2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Grasindo.
Sujanto, Agus. 2004. Psikologi Umum
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.