PERAN CUSTOMER SERVICE BANK JAWA BARAT CABANG SUMBER KABUPATEN CIREBON DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah dan mengetahui loyalitas nasabah, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan customer service dalam menghadapi nasabah dan serta tanggapan nasabah tentang kinerja customer service bank bjb. Informan dalam penelitian ini adalah para customer service dan nasabah bank bjb Cabang Sumber Kabipaten Cirebon yang berjumlah 3 (tiga) orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan data dalam penelitian ini diperoleh melalui kajian kepustakaan dengan memanfaatkan buku, tulisan atau artikel, internet serta bahan bacaan yang berkaitan dengan penelitian ini. Data primer dalam penelitian ini diperoleh observasi dan wawancara yang ditujukan untuk customer service dan nasabah bank bjb Cabang Sumber Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan peran customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah sangat penting untuk mendapatkan kepuasan nasabah sehingga memperoleh tanggapan yang positif dan citra perusahaan dimata nasabahnya semakin baik. Sehingga bank bjb cabang sumber kabupaten cirebon dapat terus mempertahankan eksistensinya didalam persaingan dunia perbankan.
Â
Kata kunci : (1) Peran customer service (2) Loyalitas nasabah.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Assumpta Rumanti, Maria.2002. Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta: PT Grasindo.
Effendy, Onong Uchyana. 2003. Ilmu,Teori dan Filsafat Komunikasi.Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
G.Barnes, James.2000.Secret Of Customer Relationship Management. Yogyakarta: ANDI.
Hurriyati, Ratih.2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung : Alfabeta.
Kasmir.2002. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kasmir.2005. Etika Customer Service.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir.2004.Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media.
Moleong,Lexy.2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy.2005 . Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rangkuti, Freddy.2003. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Ruslan, Rosady.2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Saleh,Akh. Muwafik.2010. Komunikasi Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik atau Pelanggan. Malang: UMM
Sugiyono.2008. Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alvabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v3i2.646
Refbacks
- There are currently no refbacks.