FUNGSI HUBUNGAN MASYARAKAT PEMERINTAH KOTA CIREBON SEBAGAI PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v3i2.645Abstract
Humas Pemerintah Kota Cirebon yang merangkap jabatan sebagai PPID dalam melaksanakan program Pelayanan Informasi Publik sesuai dengan Undang (UU) No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Fungsi Humas Pemerintah Kota Cirebon dalam Pelayanan Informasi Publik, mengetahui dalam hal apa saja Humas Pemerintah Kota Cirebon melaksanakan Fungsi Humas sebagai PPID Dalam Pelayanan Informasi Publik, mengetahui Hambatan yang ditemui Humas Pemerintah Kota Cirebon Sebagai PPID Dalam Pelayanan Informasi Publik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. kemudian untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik tiangulasi sumber yaitu membandingkan informasi yang diperoleh dari sumber berdasarkan waktu yang sama dengan alat berbeda. Setelah penelitian dilakukan hasilnya yaitu Humas pemerintah Kota Cirebon sebagai PPID Pelayanan Informasi Publik. belum mampu melaksanakan fungsi Humas secara keseluruhan, dikarenakan adanya hambatan internal dan eksternal yang menjadikan Fungsi Humas menjadi belum optimal.
Kata Kunci: Pelayanan Informasi Publik, Fungsi Humas sebagai PPID, UU KIP, Perwali
References
Abdurachman, Oemi. 1995. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Anggoro, M. Linggar. 2007. Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Assegaf, Dja’far H. 1983. Jurnalistik Massa Kini. Jakarta: Ghalia.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti
_____________________. 2006. Teori dan Praktik Ilmu Komunikasi. Bandung: Resdakarya.
Emzir, 2010. Analisis Data Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Jefkins, Frank. 1992. Public Relations, Alih Bahasa: Haris Munandar, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Puspaswara
Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat, Edisi Pertama. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia
Muntahar, R. Sudiro. 1985. Hubungan Masyarakat: Fungsi dan Peranannya Dalam Manajemen. Yogjakarta: Andi Ofset
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung Tarsito.
Nazir, Mohammad. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rachmadi, F. 1992. Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rakhmat, Jalaludin. 2001. Metode Penelitian & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
_______________. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
_____________. 2004. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
_____________. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
____________. 2006. Manajemen Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.
Sumber Lainnya:
Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik
Peraturan Walikota No. 41 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintahan Kota Cirebon
Liesmaya, Neng Lasmy. 2013. Strategi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Polda Banten Dalam Pelayanan Informasi Publik. SKRIPSI. Universitas Sultan Agung Tirtayasa Serang.
Sumber Internet:
http://perempuan0n220185.wordpress.com/2011/12/19/implementasi-pejabat-pengelolaan-informasi-dan-dokumentasi-ppid-di-kota-surabaya, diakses pada tanggal 20 Maret 2014
http://dodisolihudin.wordpress.com/2013/12/25/pedoman-pengelolaan-pelayanan-informasi-dan-dokumentasi-di-lingkungan-pemerintah-kota-cirebon/, diakses pada tanggal 27 Maret 2014
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.