FUNGSI HUBUNGAN MASYARAKAT PEMERINTAH KOTA CIREBON SEBAGAI PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK
Abstract
Humas Pemerintah Kota Cirebon yang merangkap jabatan sebagai PPID dalam melaksanakan program Pelayanan Informasi Publik sesuai dengan Undang (UU) No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Fungsi Humas Pemerintah Kota Cirebon dalam Pelayanan Informasi Publik, mengetahui dalam hal apa saja Humas Pemerintah Kota Cirebon melaksanakan Fungsi Humas sebagai PPID Dalam Pelayanan Informasi Publik, mengetahui Hambatan yang ditemui Humas Pemerintah Kota Cirebon Sebagai PPID Dalam Pelayanan Informasi Publik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. kemudian untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik tiangulasi sumber yaitu membandingkan informasi yang diperoleh dari sumber berdasarkan waktu yang sama dengan alat berbeda. Setelah penelitian dilakukan hasilnya yaitu Humas pemerintah Kota Cirebon sebagai PPID Pelayanan Informasi Publik. belum mampu melaksanakan fungsi Humas secara keseluruhan, dikarenakan adanya hambatan internal dan eksternal yang menjadikan Fungsi Humas menjadi belum optimal.
Kata Kunci: Pelayanan Informasi Publik, Fungsi Humas sebagai PPID, UU KIP, Perwali
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurachman, Oemi. 1995. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Anggoro, M. Linggar. 2007. Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Assegaf, Dja’far H. 1983. Jurnalistik Massa Kini. Jakarta: Ghalia.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti
_____________________. 2006. Teori dan Praktik Ilmu Komunikasi. Bandung: Resdakarya.
Emzir, 2010. Analisis Data Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Jefkins, Frank. 1992. Public Relations, Alih Bahasa: Haris Munandar, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Puspaswara
Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat, Edisi Pertama. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia
Muntahar, R. Sudiro. 1985. Hubungan Masyarakat: Fungsi dan Peranannya Dalam Manajemen. Yogjakarta: Andi Ofset
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung Tarsito.
Nazir, Mohammad. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rachmadi, F. 1992. Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rakhmat, Jalaludin. 2001. Metode Penelitian & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
_______________. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
_____________. 2004. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
_____________. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
____________. 2006. Manajemen Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.
Sumber Lainnya:
Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik
Peraturan Walikota No. 41 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintahan Kota Cirebon
Liesmaya, Neng Lasmy. 2013. Strategi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Polda Banten Dalam Pelayanan Informasi Publik. SKRIPSI. Universitas Sultan Agung Tirtayasa Serang.
Sumber Internet:
http://perempuan0n220185.wordpress.com/2011/12/19/implementasi-pejabat-pengelolaan-informasi-dan-dokumentasi-ppid-di-kota-surabaya, diakses pada tanggal 20 Maret 2014
http://dodisolihudin.wordpress.com/2013/12/25/pedoman-pengelolaan-pelayanan-informasi-dan-dokumentasi-di-lingkungan-pemerintah-kota-cirebon/, diakses pada tanggal 27 Maret 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v3i2.645
Refbacks
- There are currently no refbacks.