SELFIE DAN NARSISME PEREMPUAN: AMBIVALENSI PEREMPUAN URBAN DALAM MENGKONSTRUKSI IDENTITAS DIRI SEBAGAI SUBYEK DI SMARTPHONE

mite setiansah

Abstract


Dalam pembangunan yang dominan, wanita selalu ditempatkan pada posisi subordinat tersebut. Perempuan adalah objek utama dari tatapan laki-laki. Representasi wanita di media massa dibangun berdasarkan stereotip laki-laki. Wanita yang ideal adalah orang yang memiliki kulit putih, mulus, tidak ada kulit keriput dan selalu terlihat segar dan muda. Selanjutnya, tipe ideal media wanita menjadi semacam standar penilaian dalam banyak sektor dalam masyarakat. Oleh karena itu, tak heran jika wanita sering subordinasi atau terpinggirkan dalam masyarakat karena tidak ada setiap wanita lajang adalah memiliki tipe ideal wanita cantik. Kemudian, ketika smartphone hadir dalam kehidupan sehari-hari wanita, smartphone memberikan kesempatan bagi perempuan sebagai pengguna, untuk membangun identitas mereka sendirian, bukan sebagai objek gairah laki-laki, tetapi sebagai subjek. Dengan menggunakan pendekatan etnografi, penelitian ini bertujuan untuk menafsirkan budaya selfie yang umum ditemukan di kalangan wanita pengguna smartphone.

 

Kata kunci : wanita, smartphone, selfie


References


Cross, Linda Berg, et. al. 2004. “Single Professional Women: A Global Phenomenon Challenges and Opportunities†dalam Journal of International Women’s Studies Vol. 5 No. 5 June 2004. Hal. 34-59

Fiske, John. 2000. “Shopping For Pleasure: Malls, Power, and Resistance†dalam Schor, Juliet B dan Holt, Douglas B. (eds). 2000. The Consumer Society Reader. New York: The New Press

Haryatmoko, 2007. Etika Komunikasi, Manipulasi Media, Kekerasan dan Pornografi. Yogyakarta: Kanisius

Lasch, Christopher. 1982. The Culture of Narcissism. London: Abacus

McRobbie, Angela. 2004. “Post-Feminism and Popular Culture.†dalam Feminist Media Studies Vol. 4, No. 3, 2004 dipublikasikan online 17 Februari 2007 diunduh 14 Februari 2015

Mehdizadeh, Soraya. 2010. “Self-Presentation 2.0: Narsissism and Self-Esteem on Facebook†dalam Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking. Volume 13, Number 4, 2010. Mary Ann Liebert, Inc.

Park, Namsu dan Lee, Hyunjoo. 2014. “Gender Difference in Social Networking on Smartphones: A Case Study of Korean College Student Smartphone Usersâ€. dalam International Telecomunications Policy Review, Vol. 21 No. 2 June 2014. Hal. 1-18

Turkle, Sherry. 1999. “Looking Toward Cyberspace: Beyond Grounded Sociology, Cyberspace and Identity†dalam Contemporary Sociology, Vol. 28, No. 6 (Nov., 1999), hal. 643- 643

Tyler, Imogen. 2007. “From ‘The Me Decade’ to ‘The Me Millenium’: The Cultural History of Narcissism†dalam International Journal of Cultural Studies. Vol. 10 No. 3 Hal. 343-363

Wilska, Terhi-Anna. 2003. “Mobile Phone Use as Part of Young People’s Consumption Styles†dalam Journal of Consumer Policy 26: 441-463, 2003. Netherlands: Kluwer Academic Publishers




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v3i2.642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>