SELFIE DAN NARSISME PEREMPUAN: AMBIVALENSI PEREMPUAN URBAN DALAM MENGKONSTRUKSI IDENTITAS DIRI SEBAGAI SUBYEK DI SMARTPHONE
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v3i2.642Abstract
Dalam pembangunan yang dominan, wanita selalu ditempatkan pada posisi subordinat tersebut. Perempuan adalah objek utama dari tatapan laki-laki. Representasi wanita di media massa dibangun berdasarkan stereotip laki-laki. Wanita yang ideal adalah orang yang memiliki kulit putih, mulus, tidak ada kulit keriput dan selalu terlihat segar dan muda. Selanjutnya, tipe ideal media wanita menjadi semacam standar penilaian dalam banyak sektor dalam masyarakat. Oleh karena itu, tak heran jika wanita sering subordinasi atau terpinggirkan dalam masyarakat karena tidak ada setiap wanita lajang adalah memiliki tipe ideal wanita cantik. Kemudian, ketika smartphone hadir dalam kehidupan sehari-hari wanita, smartphone memberikan kesempatan bagi perempuan sebagai pengguna, untuk membangun identitas mereka sendirian, bukan sebagai objek gairah laki-laki, tetapi sebagai subjek. Dengan menggunakan pendekatan etnografi, penelitian ini bertujuan untuk menafsirkan budaya selfie yang umum ditemukan di kalangan wanita pengguna smartphone.
Â
Kata kunci : wanita, smartphone, selfie
References
Cross, Linda Berg, et. al. 2004. “Single Professional Women: A Global Phenomenon Challenges and Opportunities†dalam Journal of International Women’s Studies Vol. 5 No. 5 June 2004. Hal. 34-59
Fiske, John. 2000. “Shopping For Pleasure: Malls, Power, and Resistance†dalam Schor, Juliet B dan Holt, Douglas B. (eds). 2000. The Consumer Society Reader. New York: The New Press
Haryatmoko, 2007. Etika Komunikasi, Manipulasi Media, Kekerasan dan Pornografi. Yogyakarta: Kanisius
Lasch, Christopher. 1982. The Culture of Narcissism. London: Abacus
McRobbie, Angela. 2004. “Post-Feminism and Popular Culture.†dalam Feminist Media Studies Vol. 4, No. 3, 2004 dipublikasikan online 17 Februari 2007 diunduh 14 Februari 2015
Mehdizadeh, Soraya. 2010. “Self-Presentation 2.0: Narsissism and Self-Esteem on Facebook†dalam Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking. Volume 13, Number 4, 2010. Mary Ann Liebert, Inc.
Park, Namsu dan Lee, Hyunjoo. 2014. “Gender Difference in Social Networking on Smartphones: A Case Study of Korean College Student Smartphone Usersâ€. dalam International Telecomunications Policy Review, Vol. 21 No. 2 June 2014. Hal. 1-18
Turkle, Sherry. 1999. “Looking Toward Cyberspace: Beyond Grounded Sociology, Cyberspace and Identity†dalam Contemporary Sociology, Vol. 28, No. 6 (Nov., 1999), hal. 643- 643
Tyler, Imogen. 2007. “From ‘The Me Decade’ to ‘The Me Millenium’: The Cultural History of Narcissism†dalam International Journal of Cultural Studies. Vol. 10 No. 3 Hal. 343-363
Wilska, Terhi-Anna. 2003. “Mobile Phone Use as Part of Young People’s Consumption Styles†dalam Journal of Consumer Policy 26: 441-463, 2003. Netherlands: Kluwer Academic Publishers
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.