Model Komunikasi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pekanbaru dalam Meningkatkan Pemberdayaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Kota Pekanbaru

Intan Kumala Dewi

Abstract


Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) merupakan merupakan kelompok kegiatan pendukung proram KB yang anggotanya terdiri dari keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga sejahtera I, dalam rangka peningkatan kesejahteraan keluarga melalui kegiatan wirausaha dibawah binaan DISDALDUK-KB Kota Pekanbaru di tingkat Kabupaten/Kota. Dalam kegiatannya meningkatkan pemberdayaan UPPKA di Kota Pekanbaru, DISDALDUK-KB Kota Pekanbaru tentu pernah mengalami gangguan atau misskomunikasi dengan kelompok UPPKA di Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk model komunikasi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DISDALDUK-KB) Pekanbaru dalam Meningkatkan Pemberdayaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif dari yang diteliti.. Tekhnik penulisan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk model komunikasi DISDALDUK-KB Kota Pekanbaru dalam meningkatkan pemberdayaan UPPKA di Kota Pekanbaru adalah gabungan dari unsur komunikasi DeVito dengan model komunikasi David Corten.  dimana DISDALDUK-KB Kota Pekanbaru, dan Kelompok UPPKA saling berinteraksi dalam proses pemberdayaan kelompok UPPKA. Output dari program UPPKA berasal dari kebutuhan dan permintaan kelompok UPPKA. DISDALDUK-KB Kota Pekanbaru memiliki tupoksi dari program UPPKA yang beriringan dengan kompetensi dan etika untuk memenuhi tanggung jawab memfasilitasi kelompok UPPKA. Model komunikasi ini diharapkan dapat mewujudkan tujuannya meningkatkan pemberdayaan UPPKA di Kota Pekanbaru.


References


Adler , R.B., Rodman, G. (2006). Understanding Human Communication, Ninth Edition. New York: Oxford University Press, Inc.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantittaif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta

Syarif, Sugiri. 2010. Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan Kelompok UPPKS.Jakarta : BKKBN.

Mulyana Deddy, 2007. Ilmu Komunikasi,Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

DeVito, A Joseph. (2007). Komunikasi Antarmanusia. (Agus Maulana, Terjemahan). Jakarta: Professional Books.

Muhammad, Arni. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Widjaja, A.W., Wahab, M.Arisyk .(2000). Strategi Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Eadie, William F. (2009). (Eds.). Twenty-first Century Communication. A reference handbook. USA: SAGE Publications, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i2.6289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>