PENGARUH VIDEO IKLAN YOUTUBE “TOKOPEDIA x BLACKPINK WAKTUNYA INDONESIA BELANJA!” TERHADAP RESPONS KONSUMEN PADA KALANGAN GENERASI Z DI JAKARTA

Adam Rizky Firdaus, Reksa Hartoyo

Abstract


Pada tahun 2021 media sosial Youtube berkembang dengan pesat di Indonesia. Di balik perkembangannya yang pesat Youtube memiliki banyak sekali manfaat tidak terkecuali manfaat bagi para pelaku bisnis online. Manfaat Youtube untuk mempromosikan produk-produk dan jenama bagi para pelaku bisnis online. Program yang di rancang oleh Youtube dalam mempromosikan produk yaitu Youtube Advertising. Salah satu perusahaan yang melakukan promosi melalui iklan di youtube adalah Tokopedia. Di mana tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari Video Iklan Youtube “Tokopedia x Blackpink Waktunya Indonesia Belanja” Terhadap Respons Konsumen Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta. Teknik sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan karakteristik kalangan generasi Z di wilayah DKI Jakarta yang telah atau sudah menonton iklan Tokopedia x Blackpink di Youtube. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengaruh antara video iklan youtube “Tokopedia x Blackpink Waktu Indonesia Belanja” terhadap respons konsumen menunjukan hasil yang kuat di mana dapat di lihat dari variabel Respons Konsumen memiliki nilai Cronbach’s Alpha diatas 0,6 yaitu 0,954.


References


Books

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Singarimbun, M. (2006). Metode Penelitian Survai. In LP3ES.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukirman. (2012). Pengembaangan Media Pembelajaran. Pustaka Insan Madani.

Journal Articles

Budiman, A. S., & Olivia, H. (2021). Mediamorfosis Industri Media Televisi: Studi Lembaga Bisnis EMTEK pada Platform Digital vidio.com.

Firat, D. (2019). YouTube advertising value and its effects on purchase intention. Journal of Global Business Insights. https://doi.org/10.5038/2640-6489.4.2.1097

Handayani, O., Atnan, N., & Nasrial. (2019). Pengaruh Iklan TV Shopee Versi “Goyang Shopee 9.9 Super Shopping Day” Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee (Survey Pada Masyarakat di Kota Bandung). E-Proceeding of Management.

Pratama, A. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respon Konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment. https://doi.org/10.33376/ic.v1i1.354

Winata, A., & Nurcahya, I. K. (2017). Pengaruh Iklan Pada Media Televisi Terhadap Minat Beli (Studi Pada Calon Konsumen Bukalapak.com di Kota Denpasar). Manajemen, 6.

Website

Budiman, A. S., & Olivia, H. (2021). Mediamorfosis Industri Media Televisi: Studi Lembaga Bisnis EMTEK pada Platform Digital vidio.com.

Hermawan, R. (2019). Apa itu Tokopedia? Apa Saja Kelebihan, Kekurangan dan Fitur yang Dimiliki Tokopedia? Nesabamedia.Com. https://www.nesabamedia.com/apa-itu-tokopedia/

Lidwina, A. (2021). 94% Orang Indonesia Akses Youtube dalam Satu Bulan Terakhir. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir#:~:text=Sebanyak 94%25 pengguna internet berusia,Facebook (85%2C5%25).

Moreau, E. (2020). What Is Youtube: A Beginner’s Guide. Lifewire.Com. https://www.lifewire.com/youtube-101-3481847

Nofian, A. (2021). 10 Iklan Youtube Indonesia Paling Banyak di Tonton Tahun 2020. Goodmoney.Id. https://goodmoney.id/10-iklan-youtube-indonesia-paling-banyak-di-tonton-tahun-2020/

Sebastian, G. (n.d.). Ketahui Fitur Dan Jenis Iklan Youtube Yang Mendongkrak Penghasilan Adsense Anda. Klikmania.Net. https://www.klikmania.net/jenis-iklan-youtube/

Youtube. (n.d.). Format iklan YouTube. Youtube.Com. https://support.google.com/youtube/answer/2467968?hl=id

Youtube. (n.d.). Be seen where everyone is watching. Youtube.Com. https://www.youtube.com/ads/




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i2.6285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>