STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ARISAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Sherly Indria Setianty, Firdaus Yuni Dharta, Oky Oxcygentri

Abstract


Arisan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang dengan adanya penyerahan sejumlah uang dalam bentuk utang piutang dan merupakan salah satu cara untuk menabung dengan sistem kocok atau pilih tanggal yang diinginkan untuk mendapat uang arisan sesuai dengan jumlah yang diikuti dan peraturan yang disepakati bersama. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari mengenai pentingnya pemanfaatan digital marketing untuk menjadi bagian dari strategi komunikasi pemasaran dalam mengembangkan suatu bisnis online. Penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan proses wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang telah diterapkan oleh @arisanyuk.krw pada media sosial Instagram dinilai sebagai strategi yang efektif untuk mendekati target konsumen dan mempertahankan konsumen yang telah ada. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa seluruh kegiatan strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan arisan online @arisanyuk.krw berkaitan erat dengan komponen-komponen yang ada dalam teori AIDA. Selain itu, konsep komunikasi pemasaran yang mereka terapkan sesuai dengan teori Integrated Marketing Comunication melalui adanya advertising, public relations, sales promotion, personal selling, serta direct marketing dapat dapat menjadi nilai tambah guna mencapai strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini didapatkan saran yaitu disarankan agar disediakan slot kosong khusus member baru yang ingin bergabung di @arisanyuk.krw dan para pelaku bisnis online harus mengetahui bagaimana langkah pemilihan media yang tepat sehingga promosi dapat berjalan sesuai keinginan dan harapan.


References


Febrika, V., Farizah, S. N., & Putri, S. F. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk E’scraf di Era Digital. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 1(3).

Finashih, N. (2018). Analisis Penerapan Pengendalian Internal Pemberian Kredit pada BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta.

Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Uwiringiyimana, J. P., & Mahayana, D. (2021). Adiksi Media Sosial dan Gadget bagi Pengguna Internet di Indonesia. TECHNO-SOCIO EKONOMIKA, 14(1), 1–14.

Hakim, S. N., Raj, A. A., & Prastiwi, D. F. C. (2017). Remaja dan internet. Muhammadiyah University Press.

Haq, D. N. (2020). Strategi Pemasaran Agen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Cabang Ponorogo dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah. IAIN Ponorogo.

Hazmi, V. (2020). Tinjauan Hukum Islam Tentang Penerimaan Arisan Uang dengan Sistem Bayaran (Studi Kasus Pada Persatuan Keluarga Daerah Piaman di Bandarjaya). UIN Raden Intan Lampung.

Muhtar, S. W. (2020). Sebagai Juri Bugis Karaoke Competition Of Kalla Development & Construction Di Bugis Waterpark Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ranto, D. W. P. (2016). Menciptakan Islamic Branding Sebagai Strategi Menarik Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2).

Sischah, N. (2019). Tinjauan hukum Islam terhadap praktek arisan dengan sistem indek tahunan di Desa Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sutisnawati, A. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru sekolah dasar. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15–24.

Tito, A. C. P., & Gabriella, C. (2019). Faktor-faktor Iklan yang Dapat Menarik Penonton Untuk Menonton Iklan Skip-Ads di Youtube Sampai Selesai. Jurnal Akuntansi, 11(1), 98–114.

Watie, E. D. S. (2016). Periklanan dalam Media Baru (Advertising In The New Media). Jurnal The Messenger, 4(1), 37–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i2.6284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>