PENGARUH CORPORATE IMAGE INDEX TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PELABUHAN INDONESIA I

Hashim Thaci, Dedi Kurnia Syah

Abstract


Corporate image index merupakan survei omnibus (menyeluruh) yang dilakukan dengan mengukur citra suatu perusahaan yang dapat dinilai dari empat dimensi dasar yaitu dimensi kualitas, dimensi kinerja, dimensi tanggungjawab dan dimensi daya tarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh corporate image index terhadap citra perusahaan PT Pelabuhan Indonesia I Medan, Sumatera Utara pada tahun 2020, (2) nilai pengaruh corporate image index terhadap citra perusahaan PT. Pelabuhan Indonesia I Medan, Sumatera Utara pada tahun 2020. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan metode eksplanatory research. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen corporate image index yang terdiri dari 20 pertanyaan serta instrumen citra perusahaan yang terdiri dari 16 pertanyaan. Kedua instrumen ini dinyatakan valid dan reliabel. Uji hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji determinasi. Hasil pada penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh antara corporate image index terhadap citra perusahaan PT Pelabuhan Indonesia I, Medan Sumatera Utara tahun 2020, (2) besar pengaruh corporate image index terhadap citra perusahaan adalah 74,4%. Disarankan agar selanjutnya menentukan perusahaan lain yaitu perusahaan swasta dengan tujuan membandingkan tingkat keterpengaruhan variabel corporate image index antara perusahaan pemerintah dan perusahaan swasta terhadap citra perusahaan. Selain itu selanjutnya dapat diperdalam lagi dengan menggunakan metode studi kasus karena citra perusahaan menempatkan masyarakat sebagai salah satu partisipan.


References


Cresswell John. 2014. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methodology Approaches. California: SAGE Publications

Dirgantoro Toto. 2020. Eksportir Sumut Keluhkan Open Stack Hingga Closing Time Satu Hari di Pelindo I Belawan, https://analisadaily.com/berita/baca/2020/10/20/1010925/eksportir-sumut-keluhkan-open-stack-hingga-closing-time-satu-hari-di-pelindo-1-belawan/, (diakses 2 November 2020)

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design And Evaluate Research in Education (8th ed.). New York: Mc Graw HIll.

Ningsih W. A., 2016. Pengaruh Penerapan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Kasus Pada Masyarakat Sekitar Kantor Pusat PT.Perkebunan Nusantara V Pekanbaru). Jom FISIP. 3(1), 1 – 13.

Schwaiger Manfred. 2016. Measuring the Impact of Corporate Reputations on Stakeholder Behavior. German: Freie Universität Berlin

Triandewo M. A., 2020. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi. 22(1), 13 – 24.

Warta Waska. 2017. Manajemen Reputasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wijaya Hamied. 2017. Membenahi Kinerja SDM Pelindo I melalui Digitalisasi. https://mediaindonesia.com/read/detail/131763-membenahi-kinerja-sdm-pelindo-i-melalui-digitalisasi, (diakses 7 Oktober 2020).

Zariansyah Yopi. 2019. Analisis Corporate Social Responsibility Pada PT. Pelabuhan Indonesia 1 (Pelindo 1) Belawan. (Tesis) Medan: Pascasarjana Universitas Medan Area




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i2.6262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>