KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING DI FAKULTAS TEKNIK
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v10i01.6147Abstract
Membahas Tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa menggunakan Structural Equation Modeling di Fakultas Teknik. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai penilaian mahasiswa. Pengujian menggunakan structural equation modeling (SEM) yang menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan kepuasan mahasiswa juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas mahasiswa. Sedangkan dimensi atau item-item yang harus ditingkatkan dalam kualitas pelayanan adalah Tangibles dan Assurance. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan terhadap variabel yang menyebabkan terciptanya kepuasan dan loyalitas mahasiswa dengan inovasi yang dapat dilakukan pihak fakultas seperti menyediakan alur pelayanan, memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk memperoleh akses informasi dengan selalu melakukan update terhadap website maupun sosial media lainnya, memanfaatkan penggunaan Sistem Informasi Administrasi dengan menyediakan pedoman penggunaan atau manual book dari sistem tersebut.
Kata-kata Kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasan mahasiswa, Loyalitas Mahasiswa
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.