GAYA KOMUNIKASI KYAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN KITAB JALALAIN DI PONDOK PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v9i2.5077Abstract
Komunikasi tidak dapat lepas dalam kehidupan manusia. Begitu pula dalam komunikasi pendidikan di pondok pesantren. Dalam melakukan komunikasi seorang komunikator perlu memiliki gaya komunikasi agar proses penyampaian informasi dapat diterima baik oleh komunikan. Pada penelitian ini, peneliti mengkaji tentang gaya komunikasi Kyai dalam proses pembelajaran di pondok pesantren Miftahul Hasanah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu dengan mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Hasil penelitian menujukan bahwa gaya komunikasi yang dilakukan oleh Kyai dalam proses pembelajaran kitab Jalalain di pondok pesantren Miftahul Hasanah berladaskan pada gaya komunikasi perspektif islam yaitu mampu menyederhanakan pesan sehingga langsung pada garis besar tentang kitab Jalalain, memahami keadaan para santri, menyesuaikan pesan, gaya bicara, intonasi berbicara dengan jelas, menyampaikan pesan secara konkret sehingga, menggunakan perkataan yang lemah lembut sesuai dengan Qaulan sadida, Qaulan Baligha, Qaulan Ma’rufa, Qaulan Karima, Qaulan Layyina dan Qaulan Masyura.
Kata kunci : Gaya, Komunikasi, Kyai
References
Aziz, Abdul. 2017. “KOmunikasi Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam”.
Faridah. 2019. “Komunikasi dalam Interaksi Sosial (Analisis Etika Komunikasi dalam Perspektif Islam). Jurnal Retorika Vol. 1 No. 1, hal. 99-109.
Hidayah, Baitul. 2021. “Diktat Pekan Perkenalan : Santri Baru”. www. https://baitulhidayah.org. (diakses pada 15 Januari 2021).
Lubis, Lahmudin, dkk. 2017. “Penerapan Prinsip-Prinsip Komunikasi Islam dalam Mensukseskan Program KBdi Rantau Prapat”. Jurnal Al-Balagh, Vol. 1 NO.2 Hal. 268-290.
Kholil, Syukur. 2007. “Komunikasi Islam”. Bandung : Cipta Pustaka Media. Jurnal Mediakita Vol. 1 No.2 Juli 2017, 173-184.
Maula, Ismatul. 2020. “Kompetensi Profesional Pendidik Menurut AL-Ghazali”. Jurnal Oasis Vol. 4 NO. 2, hal. 21-38.
Markarma, A. (2014, June 19). “Komunikasi Dakwah Efektif dalam Perspektif Al-Qur’an”. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(1), 127-151.
Mulyana, Deddy. 2001. “Pengantar Ilmu Komunikasi”. Bandung : Rosdakarya.
Wibowo, Faisal. 2015. “Komunikasi dalam Perspektif Islam”. https://www.kompasiana.com/faisalwibowo. (diakses pada 17 Januari 2021).
Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung : Alfabeta.
Sumarjo. 2011. “Ilmu Komunikasi dalam Perspektif Al-Qur’an”. Jurnal Inovasi, Vol. 8 No. 1, Hal. 113-124.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.