KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Kasus pada Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Kuningan)
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v9i1.4248Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus: Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Kuningan serta faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat komunikasi pemasaran tersebut. Diharapkan dapat memberikan informasi kepada pihak yang memberikan perhatian terhadap dunia kepariwisataan dan perkembangannya Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan 3 (tiga) informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Kompepar meliputi bauran pemasaran yaitu periklanan, promosi penjualan, Humas, pemasaran langsung, pemasaran mulut ke mulut dan acara dalam memasarkan Desa Wisata Cibuntu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Desa Wisata Cibuntu namun hanya untuk wisatawan nusantara saja, lain halnya dengan wisatawan mancanagera yang jarang berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu. Adapun faktor pendukung komunikasi pemasaran yang dilakukan yaitu tingginya potensi wisata, adanya dukungan dari pemerintah daerah, pengoptimalan teknologi informasi, upaya peningkatan fasilitas dan Infrastruktur. Sementara faktor penghambatnya yaitu keterbatasan dana, minimnya signal telepon, kurangnya SDM. Kemudian upaya dalam mengatasi hambatan komunikasi pemasaran tersebut adalah dengan menjalin hubungan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, dan memohon permintaan didirikan menara signal telepon kepada pemerintah.
Kata-kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Kelompok Penggerak Pariwisata, Desa Wisata
References
Moleong, J. Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Penerbit Rosdakarya
Mulyana, Syukur (2015, April 7) Sejarah singkat Cibuntu. Diakses dari http://desawisatacibuntu.blogspot.co.id/2015/04/sejarah-singkat-desa-cibuntu.html
Philip Kotler & Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. Jakarta: 13th Edition Erlangga
Sekar, Jajakriri (2015, Maret 12) Membaca Kebijakan Pariwisata. diakses dari https://caretourism.wordpress.com/2015/03/12/membaca-kebijakan-pariwisata-2015-2019/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.