PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Lizha Dzalila UPN VETERAN JAWA TIMUR, Indonesia
  • Annisa Ananda UPN VETERAN JAWA TIMUR
  • Saifuddin Zuhri UPN VETERAN JAWA TIMUR

DOI:

https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3518

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman belajar pada mahasiswa dalam melakukan pembelajaran melalui metode daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam kepada beberapa infoman. Fokus penelitian ini adalah permasalahan komunikasi yang muncul pada saat pelaksanaan pembelajaran daring dan tingkat pemahaman belajar mahasiswa yang dilakukan pada masa pandemic Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring banyak ditemukan permasalahan yang menyebabkan semangat belajar dan tingkat pemahaman belajar mahasiswa menjadi menurun.

 

 Kata-kata Kunci: Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Covid-19

Author Biographies

Lizha Dzalila, UPN VETERAN JAWA TIMUR

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur Semester 4

Annisa Ananda, UPN VETERAN JAWA TIMUR

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Saifuddin Zuhri, UPN VETERAN JAWA TIMUR

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

References

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Noor. (2014, Oktober 28). In-depth Interview (Wawancara Mendalam). Diakses dari https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28/in-depth-interview-wawancara-mendalam/

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli Terlengkap (2020, April 8). Diakses dari https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-pembelajaran-menurut-para-ahli/

Penelitian Kualitatif (2020, Maret 8). Diakses dari https://www.dosenpendidikan.co.id/penelitian-kualitatif/

Pane, Aprida. (2017). Belajar dan pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 1-20

Published

2020-08-26

Citation Check