FENOMENA CASHLESS SOCIETY DALAM PANDEMI COVID-19 (KAJIAN INTERAKSI SIMBOLIK PADA GENERASI MILENIAL)
Abstract
Adanya resiko terinfeksi virus corona dalam bertransaksi keuangan secara langsung menjadi kekhawatiran masyarakat dalam setiap aktivitas pembelian. Sehingga masyarakat memilih menggunakan transaksi keuangan tanpa kontak dengan melakukan pembayaran melalui aplikasi dompet digital. Penggunaan aplikasi dompet digital saat pandemi Covid-19 dan adanya kebijakan di rumah saja (stay at home) mengarah kepada cashless society. Cashless society adalah sebutan yang merujuk pada masyarakat yang dalam bertransaksi, tidak lagi menggunakan uang fisik, melainkan melalui perpindahan informasi finansial secara digital. Dalam bertransaksi sehari-hari, masyarakat tidak menggunakan uang nyata, melainkan uang digital. Transaksi keuangan tanpa kontak dan jarak jauh saat pandemi tampaknya menjadi cara yang disukai untuk menyelesaikan berbagai hal. OVO merupakan salah satu cara dalam bertransaksi yang aman dan juga terbebas dari virus terutama penyakit COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif dalam menggunakan OVO dan interaksi (termasuk mind, self, society) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung selama pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yng menggunakan metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, metode observasi non-partisipan pada 15 key informant mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung. Hasil penelitian menunjukan motif dalam penggunaan aplikasi OVO yaitu pada shopping dan relaxation. Interaksi yang terjadi mengacu pada konsep mind, self, society adalah generasi milenial (mahasiswa UMBandung) menggunakan transaksi OVO selama pandemi Covid-19 cenderung ke perilaku gaya hidup baru sebagai bentuk kemudahan layanan masyarakat untuk mengurangi resiko terinfeksi virus corona. Penelitian selanjutnya dapat fokus pada hubungan perilaku dan adaptasi penggunaan dompet digital di era new normal pandemic Covid-19.
Kata-kata Kunci: cashless society, dompet digital, interaksi simbolik, milenial, COVID-19
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anonim. (2020). CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA, DORONG TRANSAKSI NONTUNAI, AYO PAKE QRIS ! Retrieved April 27, 2020, from https://www.jaringanprima.co.id/id/cegah-penyebaran-virus-corona-dorong-transaksi- nontunai-ayo-pake-qris
Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bintarto, E. (2018). Fintech dan Cashless Society: Sebuah Revolusi Mendongkrak Ekonomi Kerakyatan. Call For Essays, 1–77.
Irawan, I. . (2013). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definisi sosial, dan Perilaku Sosial. Prenada Media Grup.
Moleong, L. J. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif (revisi ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, O. cahyo. (2015). Interaksi simbolik dalam komunikasi budaya. Aristo, 4(1), 1–18.
Pertiwi, A. . (2018). STUDI FENOMENOLOGI TENTANG KONSEP DIRI WANITA SHOPAHOLIC DI KOTA BANDAR LAMPUNG (lampung). Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/STUDI-FENOMENOLOGI-TENTANG-KONSEP-DIRI-WANITA-DI-Pertiwi/ffb1c6fde426877d88cc3b2650da60471e9741d8
Prama, N. (2020). GoPay Ternyata Jadi Dompet Digital Paling Diminati Generasi Z dan Milenial. Retrieved from https://nextren.grid.id/read/012024532/gopay-ternyata-jadi-dompet-digital-paling-diminati-generasi-z-dan-milenial?page=all
Rif’ah, S. (2019). FENOMENA CASHLESS SOCIETY DI ERA MILENIAL DALAM PERSPEKTIF. Al-Musthofa: Journal of Sharia
Economics, 2(1). Retrieved from http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/musthofa/article/view/360
Rosmayanti. (2019). Apa Itu Dompet Digital? Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/read212834/apa-itu-dompet-digital.html
Sutriyanto, Eko. (2019). 3 Besar Dompet Digital Indonesia Untuk Transaksi Ritel, Transportasi dan Pengiriman Makanan Online. Retrieved from tribunnews.com website: https://www.tribunnews.com/techno/2019/07/15/3-besar-dompet-digital-indonesia-untuk-transaksi-ritel-transportasi-dan-pengiriman-makanan-online
Yuswohady. (2016). Millennial Trends 2016. Retrieved from https://www.yuswohady.com/2016/01/17/millennial-trends-2016/
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v8i2.3490