KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DAN SISWA TUNAGRAHITA BERPRESTASI
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3485Abstract
Anak tunagrahita mengalami kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Cara mereka berkomunikasi pun masih sangat rendah, terutama ketika mereka berada di lingkungan yang luas seperti lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi verbal dan nonverbal, proses instruksional, dan motivasi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi verbal yang digunakan berupa membaca dan mendengarkan, sementara komunikasi nonverbal berupa bahasa tubuh, komunikasi nonverbal memiliki fungsi aksentuasi karena bahasa tubuh mempertegas komunikasi verbal yang dilakukan guru. Proses instruksional mengunakan strategi ekspositori dan metode pembelajaran pengantara, metode pembelajaran drill, metode tanya jawab. Jenis motivasi yaitu motivasi ekstrinsik karena siswa tunagrahita mendapatkan dorongan dari luar dirinya.
Kata kunci: Komunikasi, Instruksional, Tunagrahita
References
Rakhmat, Jakakuddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT remaja Rosdakara.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Pawit M. 2010. Komunikasi Instruksional: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Afifah, Nur. Tjutju Soendari. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Tunagrahita Sedang Melalui Media Gambar di SLB B-C YPLAB Kota Bandung. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
April, Ismaliza. 2017. Penggunaan Komunikasi Instruksional Oleh Pendidik di Taman Pendidikan Al Qur’an. Universitas Negeri Palu. Sulawesi Barat.
Bil Haiq, Aniq Hudiyah. 2016. Efikasi diria anak berkebutuhan khusus yang berprestasi di Bidang Olahraga. Fakultas Psikologi. Universitas muhammadiyah. Surakarta.
Isnaini, Rahmi. 2008. Komunikasi Instruksional Guru dan Murid Autis di Sekolah Dasar Insania Jatiasih Bekasi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.