IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. ASTRA INTERNASIONAL MELALUI PROGRAM LINGKUNGAN KAMPUNG BERSERI
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3230Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan secara sukarela untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas. Program CSR PT. PT. Astra International Tbk. International Tbk., salah satunya adalah Kampung Kampung Berseri PT. Astra International Tbk. (KBA). Program KBA berkaitan dengan empat pilar perusahaan, yaitu pendidikan, kesehatan, pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM), dan lingkungan. Di dalam pelaksanaannya, perusahaan bekerja sama dengan warga masyarakat sekitar perusahaan agar terbentuk program berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana divisi CSR dan tim Kampung Berseri PT. Astra International Tbk. melakukan tahapan CSR, yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi program Kampung Berseri PT. Astra International Tbk.. Dengan menggunakan paradigma positivisme serta metode deskriptif., hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, pada tahap perencanaan, yakni penetapan tujuan CSR Kampung Berseri PT. Astra International Tbk. mengacu pada visi dan misi utama perusahaan, penetapan target sasaran dengan cara social mapping dan membentuk tim khusus pada masing-masing wilayah. Kedua, pada tahap implementasi SCR Kampung Berseri PT. Astra International Tbk., PT. PT. Astra International Tbk. Internasional Tbk. melaksanakannya dengan panduan PT. Astra International Tbk. Friendly Company dan strategi sentralisasi serta self-managing. Terdapat kendala dalam pendampingan SDM. Ketiga, tahap evaluasi dilakukan setiap satu semester sekali dengan cara monitoring dan progress report melalui lembar balik, yang juga melibatkan pihak internal dan eksternal perusahaan.
Kata-kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Implementasi, Kampung Berseri, Program, PT. Astra International Tbk.
References
Ardianto, E. (2011). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kriyantoro, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara.
Prastowo, J., & Huda, M. (2011). Corporate Social Responsibility: Kunci meraih kemuliaan bisnis. Yogyakarta: Samudra Biru.
Rahmayani, R., & Silvana, H. ( 2018). Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT Indocement Tunggal. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 186-202.
Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Solihin, I. (2009). Corporate Social Responsibility: From charity to sustainability. Jakarta: Salemba.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Untung, H. B. (2008). Corporate Social Responsibilty. Jakarta: Sinar Grafika.
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Jakarta: PT Gramedia.
Williams, C. (2001). Effective Management: A Multimedia Approach. America: Cengage Learning.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.