IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. ASTRA INTERNASIONAL MELALUI PROGRAM LINGKUNGAN KAMPUNG BERSERI

Elsa Nurlatifa, Kokom Komariah, Aat Ruchiat Nugraha

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan secara sukarela untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas. Program CSR PT. PT. Astra International Tbk. International Tbk., salah satunya adalah Kampung Kampung Berseri PT. Astra International Tbk. (KBA). Program KBA berkaitan dengan empat pilar perusahaan, yaitu pendidikan, kesehatan, pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM), dan lingkungan. Di dalam pelaksanaannya, perusahaan bekerja sama dengan warga masyarakat  sekitar perusahaan agar terbentuk program berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana divisi CSR dan tim Kampung Berseri PT. Astra International Tbk.  melakukan tahapan CSR, yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi program Kampung Berseri PT. Astra International Tbk.. Dengan menggunakan paradigma positivisme serta metode deskriptif., hasil penelitian  menunjukkan bahwa : pertama, pada tahap perencanaan, yakni penetapan tujuan CSR Kampung Berseri PT. Astra International Tbk. mengacu pada visi dan misi utama perusahaan, penetapan target sasaran dengan cara social mapping dan membentuk tim khusus pada masing-masing wilayah. Kedua, pada tahap implementasi SCR Kampung Berseri PT. Astra International Tbk., PT. PT. Astra International Tbk. Internasional Tbk. melaksanakannya dengan panduan PT. Astra International Tbk. Friendly Company dan strategi sentralisasi serta self-managing. Terdapat kendala dalam pendampingan SDM. Ketiga, tahap evaluasi dilakukan setiap satu semester sekali dengan cara monitoring dan progress report melalui lembar balik, yang juga melibatkan pihak internal dan eksternal perusahaan.

Kata-kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Implementasi, Kampung Berseri, Program, PT. Astra International Tbk.


References


Ardianto, E. (2011). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kriyantoro, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara.

Prastowo, J., & Huda, M. (2011). Corporate Social Responsibility: Kunci meraih kemuliaan bisnis. Yogyakarta: Samudra Biru.

Rahmayani, R., & Silvana, H. ( 2018). Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT Indocement Tunggal. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 186-202.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Solihin, I. (2009). Corporate Social Responsibility: From charity to sustainability. Jakarta: Salemba.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Untung, H. B. (2008). Corporate Social Responsibilty. Jakarta: Sinar Grafika.

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Jakarta: PT Gramedia.

Williams, C. (2001). Effective Management: A Multimedia Approach. America: Cengage Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v8i2.3230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>