AKTIVITAS KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA REPUTASI PERUSAHAAN

Femi Oktaviani, Reza Rizkina Rizkina T, Selli Dewi Dewi Septiani

Abstract


ABSTRAK

Reputasi dalam suatu perusahaan sebagai suatu unsur yang paling penting, karena baik dan buruknya reputasi perusahaan menjadi indikator penting dari keberhasilan perusahaan. Reputasi merupakan suatu yang kompleks, sebagai seorang public relations diharapkan dapat mengelola berbagai aktivitas komunikasi perusahaan yang dapat memberikan dampak positif bagi reputasi. Bank bjb adalah bank BUMD dimana saat ini memiliki 64 kantor Cabang di provinsi Jawa Barat dan Banten. Dengan persaingan bank yang begitu banyak, maka seorang public relations harus dapat mengelola aktivitas komunikasi perusahaan sehingga mampu bersaing dengan perusahaan perbankan lainya. Fokus penelitian ini adalah bagaimana aktivitas komunikasi public relations bank bjb dalam menentukan teknik, bentuk dan layanan komunikasi secara internal maupun eksternal menjaga reputasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu teknik komunikasi dilakukan melalui teknik komunikasi informative, persuasive dan koersif. Bentuk aktivitas komunikasi dilakukan melalui komunikasi formal dan non formal. Serta layanan komunikasi dilakukan secara internal dan eksternal guna memberikan kepuasaan berbagai stakeholders.

Kata Kunci : Reputasi, aktivitas dan komunikasi.

 

ABSTRACT

Reputation in a company as the most important element, because of the good and bad reputation of the company becomes an important indicator of company success. Reputation is complex, as public relations is expected to manage a variety of corporate communication activities that can give a positive impact on reputation. Bank of BJB is a BUMD bank which currently has 64 branch offices in the provinces of West Java and Banten. Because of many bank competition, public relations must be able to manage the company’s communication activities so that they can compete with other banking companies. The focus of this research is how the communication activities of BJB bank's public relations in determining communication techniques, form and services internally and externally maintain reputation. This research uses qualitative methods by using data collection techniques carried out through informative, persuasive and coercive communication technique. Form of communication activities carried out through formal and informal communication. As well as communication services carried out internally and externally to provide the satisfaction of various stakeholders.

Keywords : reputation, activity and communication.


References


Creswell, J.W. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suranto. 2018. Komunikasi Organisasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Warta, Waska. 2017. Manajemen Reputasi. Bandung : Simmbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, CV.

Putri, Nia Septiani. 2014. .“Komunikasi Organisasi Dalam Mensosialisasikan Budaya Organisasi Prinsip 46 PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Samarindaâ€. Skripsi Samaradinda Universitas Mulawarman.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v8i1.2819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>