STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PT. JASA MARGA (PERSERO) TBK CABNAG PALIKANCI KOTA CIREBON DALAM PENGGUNAAN E-TOLL CARD DI KOTA CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v7i2.2420Abstract
ABSTRAK
           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi bisnis PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon Dalam Penggunaan E-Toll Card di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif tujuan dari metode desktiptif membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Objek penelitian adalah PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon dengan layanan penggunaan E-Toll Card, subjek penelitian adalah orang-orang yang memberikan informasi mengenai PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon yaitu Toll Collection Management, sentral komunikasi PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon dan beberapa penggunan jalan tol.
           Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Komunikasi Bisnis PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon Dalam Penggunaan E-Toll Card di Kota Cirebon sudah sesuai dengan tujuh pilar strategi komunikasi bisnis. Dengan strategi komunikasi bisnis yang dilakukan sekarang, PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon, mampu memberikan pelayanan dan tanggapan nya atas kualitas pelayanan yang telah di berikan untuk para penggunan jalan. Penyedia jalan tol dan memberikan pelayanan terbaik mampu memberikan peningkatan pelyananan penggunaan E-Toll Card.
           Dari hasil wawancara dengan Konsumen penggunan jasa E-Toll Card di Kota Cirebon. Dari hasil wawancara dengan Konsumen pengguna jasa E-Toll Card di kota Cirebon terlihat beberapa informan merasakan puas dengan adanya penggunaan E-Toll Card yang diberikan oleh pihak PT.Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon. Hal ini terlihat dari hasil pernyataan-pernyataan yang diberikan mengenai E-Toll Card.
Â
Kata kunci: Strategi Komunikasi Bisnis, Pengguna Jasa, E-Toll Card
Â
ABSTRACT
Â
           This is research entitled Business Communication Strategy PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City In Use of E-Toll Card in Cirebon City ". This study aims to find out how business communication strategy of PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City In Use of E-Toll Card in Cirebon City. This research uses a descriptive qualitative method of purpose from a descriptive method of making a description, picture, or painting systematically, factually and accurately about facts, properties and relationship between phenomena investigated. The object of research is PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City with service use of E-Toll Card, the subject of research is the people who provide information about PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City is Toll Collection Management, central communications PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City and some toll road users.
           The results showed that Business Communication Strategy PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City The use of E-Toll Card in Cirebon City is in line with seven pillars of business communication strategy. With the current business communication strategy, PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City, able to provide service and its response to the quality of service that has been given to the users of the road. The provider of toll roads and provide the best service is able to provide increased use of E-Toll Card.
           From the results of interviews with consumers using E-Toll Card services in Cirebon City. From the results of interviews with consumers E-Toll Card users in the city of Cirebon seen some informants feel satisfied with the use of E-Toll Card provided by the PT.Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City. This is evident from the results of the statements given on the E-Toll Card.
Keywords: Business Communication Strategy, Service User, E-Toll Card
References
DAFTAR PUSTAKA
Cengara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Effendy,onong uchjana.2015. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana.2003. Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Kennedy,Jhon E & R. Dermawann Soemanagara. 2006. Marketing Communication.Jakarta: PT.Bhuana Ilmu Populer.
Kotler dan Keller . 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1 edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Priyatna dan Elvinari. 2000. Strategi Komunikasi Bisnis Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjajaran.
Purwanto, Djoko. 2010. Komunikasi Bisnis. Surakarta: Erlangga.
Purwanto dan Zakaria. 2016. Komunikasi Bisnis Perspektif Konseptual Dan Kultural.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rangkuti,Freddy. 2006.Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono.2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabet
Tjiptono, Fandy.2004. Manajemen Jasa Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset
Sumber lain:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/jasa_marga_(perusahaan) di unduh pada 13-02-2018 pukul 10:23:55
https://id.m.wikipedia.org/wiki/E-Toll di unduh pada 14-02-2018 pukul 10:46:31
http://www.jasamarga.com/public/id/infoperusahaan/ProfilPerusahaan/Overview.aspx di unduh pada 14-04-2018 pukul 11:12:56
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.