KONSEP DIRI MAHASIWA DALAM MEMBENTUK LOYALITAS MEREK SEPATU CONVERSE
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v7i2.2418Abstract
ABSTRAK
Konsep diri merupakan bagian penting dalam kehidupan individu yang merupakan refleksi yang dipandang, dirasakan, dan dialami individu mengenai dirinya sendiri. Adanya konsep diri akan menunjang individu menjalani hidup, kaena cara individu memandang dirinya merupakan cara seseorang menjalani hidupnnya. Loyalitas merek didefinisikan sebagai tingkatan dimana pelanggan memiliki sikap positif terhadap suatu merek, memiliki komitmen dan cenderung untuk terus melanjutkan membeli produk dengan suatu merek tertentu dimasa yang akan datang. Dengan demikian, loyalitas merek secara langsung dipengaruhi oleh kepuasan / ketidakpuasan pelanggan terhadap merek tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pengumpulan data informan dilakukan secara purposive sampling. Peneliti menentukan subjek penelitian berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria itu juga mengacu atas dasar kesesuaian pengetahuan atau permasalahan dan tujuan penelitian. Peneliti menggunakan empat informan dan pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori Johari Window untuk menjadi pegangan dalam penelitian. Hasil penelitian disimpulkan konsep diri mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon dalam membentuk loyalitas merek sepatu converse didasari oleh pengungkapan diri dari pengguna merek sepatu converse yang merasa puas dan merasa percaya diri mengenakan merek sepatu converse. Faktor-faktor yang mempengaruhi dan membentuk loyalitas merek sepatu converse dengan teori konsep diri, yaitu kesadaran diri. Kesadaran diri adalah kemampuan untuk mengenali perasaan dan mengapa seseorang merasakannya seperti itu dan pengaruh perilaku seseorang terhadap orang lain. Faktor lainnya yaitu usia kematangan, penampilan diri, kepatutan seks, nama dan julukan, hubungan keluarga, teman-teman sebaya, kreativitas dan cita-cita.
Kata Kunci : Konsep Diri, Loyalitas Merek Sepatu Converse Pada Mahasiswa
References
DAFTAR PUSTAKA
Aw, Suranto. 2011. Komuikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Damiati, et.al. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: PT RajagrafindoPersada
Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana. 2002. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Harapan, E. Dan Ahmad, S. 2014. Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Huriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta CV
Kurniawati, Kania. 2014. Komunikasi Antarpribadi: Konsep dan Teori Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu
Morissan. 2010. Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia
Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Riswandi. 2013. Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suharsono, Dan Sutarso. 2010. Marketing In Pratice. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sumber Lain :
http://eprints.uny.ac.id/9224/2/BAB%20I%20-09514131004.pdf(diakses pada Kamis, 15 Februari 2018 pukul 19.08 WIB)
http://etheses.uin-malang.ac.id/629/6/10410181%20Bab%202.pdf (diakses pada Selasa, 6 Maret 2018 pukul 11.00 WIB)
http://digilib.uinsby.ac.id/2925/5/Bab%202.pdf (diakses pada Selasa, 6 Maret 2018 pukul 11.25 WIB)
http://repository.fisipuntirta.ac.id/499/1/SELF%20DISCLOSURE%20PADA%20MEDIA%20SOSIAL%20-%20Copy.pdf (diakses pada Rabu, 7 Maret 2018 pukul 12.25 WIB)
https://www.scribd.com/doc/84632819/Teori-Johari-Window (diakses pada Rabu, 7 Maret 2018 pukul 14.00 WIB)
http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/10/brand-loyalty-loyalitas-merek-definisi.html (diakses pada Jumat 20 April 2018 pukul 22:13
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.