PROSES WORD OF MOUTH COMMUNICATIONS SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v7i2.2412Abstract
ABSTRAK
Â
Isu-isu dibicarakan, dikendalikan dan diarahkan dan berputar cepat baik sengaja atau tidak untuk kepentingan kebutuhan intitusi atau lembaga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses word of mouth, hambatan ketika mempromosikan, dan peran media sosial sebagai media promosi UGJ dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru. Diperlukan kreativitas, fleksibilitas, dan sikap bijaksana menggunakan komunikasi ini agar masyarakat membicarakannya dengan jujur agar memiliki pengaruh positif, meski terkadang tidak terprediksinya informasi oleh pihak eksternal melalui media sosial dalam jejaring internet seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Website maupun secara langsung karena ada pihak yang merasa tidak puas dengan hasil yang dirasakan. Sesuai dengan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa lebih mudah menyerap informasi tentang UGJ dari apa yang didengarnya. Terlebih lagi informasi tersebut atas saran dari kerabat, keluarga, alumni bahkan sampai mahasiswa turut terlibat dalam penyebaran informasi penerimaan mahasiswa baru. Promosi UGJ yang dilakukan dengan word of mouth memang lebih efektif dibanding media sosial, seperti Website, Instagram, Facebook karena lebih mudah untuk menangkap respon lawan bicara dibandingkan informasi dari Website yang pesannya hanya satu arah. Lebih mudah untuk mengendalikan informasi negatif, berita simpang siur atau salah informasi pada saat face to face karena dapat dikendalikan secara langsung pada saat itu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif melalui studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, studi kepustakaan, dan wawancara. Temuan penelitian ini menghasilkan model word of mouth UGJ sebagai media promosi khususnya dalam menggaet mahasiswa baru sehingga kelak bermanfaat untuk UGJ dalam menyusun strategi agar terhindar dari isu-isu buruk dan mempertahankan isu-isu yang baik.
Â
Kata Kunci: word of mouth communication, promosi, universitas swadaya gunung jati
References
DAFTAR PUSTAKA
Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendekia.
Philip, Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid. Jakarta: PT Indeks.
Shimp. Terence. A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Terj. Harya B.S, dkk. Jakarta: Salemba Empat.
Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi 1. Bandung: Linda Karya.
Kotler, Philip; & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi kedua belas, Jakarta: PT Indeks.
Sumardy, Marlin & Melina. 2011. The Power Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kotler, P & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, diterjemahkan Oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks.
Irawan D. Hadi. 2008. Smarter Marketing Moves: Membangun Keunggulan Melalui Informasi ,Komunikasi dan Produk. Jakarta: PT. Media Elex Komputindo
Rudi Harjanto. 2010. Kegiatan Komunikasi Getok Tular dalam Penciptaan Citra Mercedes benz di Jakarta (Studi Interaksi Simbolik Kegiatan Komunikasi di Kalangan Pengguna Mercedes Benz di Jakarta. Disertasi Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Padjajaran
Christina Esti Susanti. 2009. “The Influence Of Image And Customers Satisfaction Towards Consumers Loyalty To Traditional Food In Surabayaâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 4 (1), April: Hal. 1-10
Santosa, Hedi Pudjo. 2011. Implikasi Media Sosial pada Perkembangan Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Aspikom.
Kotler, P & Keller, K.L. 2012. Marketing Management (14th ed.), Pearson Internasional Edtion, New Jersey: Prentice-Hall.
Nasrullah, Rulli. Media Sosial. 2015. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Issac, Stephen, and William B. Michael. 2000. Dalam Rakhmat. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy. J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.