PERANAN MEDIA PROMOSI MELALUI WEBSITE YANG DILAKUKAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN JAWA BARAT DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWISATA DI CIREBON

Farida Nurfalah, Welly Wihayati

Abstract


Potensi dan kekayaan wisata Cirebon yang kaya mendorong penulis untuk melakukan
penelitian peranan media promosi melalui internet yang dilakukan dinas pemuda olah raga
kebudayaan dan pariwisata dalam menumbuhkan daya tarik wisatawan ke Cirebon. Tujuan
dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui tampilan website dinas pariwisata dan
kebudayawaan jawa barat dalam menumbuhkan minat berwisata di Cirebon. 2. Untuk
mengetahui kelengkapan informasi yang disajikan dinas pariwisata dan kebudayaan dalam
menumbuhkan minat berwisata di Cirebon. 3. Untuk mengetahui konsep pesan yang di
gunakan dalam web dinas pariwisata dan kebudayaan jawa barat dalam menumbuhkan minat
berwisata di Cirebon. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
tekhnik pengambilan data dilakukan secara purposif sampling. Hasil penelitian dengan
wawancara kepada lima informan, bahwa 1. Tampilan website cukup menarik dan bagus,
hanya saja tampilan warna kurang menarik, serta kurang banyak dikenal di masyarakat. 2.
Website belum terkelola dengan baik, karena isi atau konten dari website tersebut masih
dinilai sederhana dan tidak mendetail serta belum terhubung dengan situs pariwisata cirebon.
3. Konsep pesan website menggunakan bahasa indonesia saja, tidak spesifik membuat tautan
dan laman pariwisata cirebonnya, serta jarang diperbaharui.



DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v3i2.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>