ANALISIS PARTISIPASI PEREMPUAN INDONESIA SEBAGAI POLITISI DI LEMBAGA LEGISLATIF

Yulia Sariwaty, Rita Herlina

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menganalisis tentang partisipasi perempuan Indonesia sebagai politisi di lembaga legislatif. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar peluang perempuan Indonesia untuk masuk ke dalam kancah politik dan sejauh mana peran pemerintah dalam mengakomodir hal tersebut.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Hasil menunjukan, meskipun sudah ada Undang-Undang yang mendukung partisipasi perempuan sebagai politisi di parlemen, namun hasilnya masih belum memenuhi kuota yang tersedia, dikarenakan kendala yang biasanya ada dalam syarat rekruitmen di internal partai politik.

 

Kata Kunci: Partisipasi, Perempuan, Politisi, Legislatif.

 

Abstract

This research analyze about Indonesian women participation as politician at legislative institution. Purpose to find out, how much Indonesian women opportunity can be join to political arena and to what extent of the government role accommodating it. Research method used qualitative method with phenomenology study approach. Result show that despite the existence of law support women participation to be politicians in parliament, but the result still do not the expected quota, the constraints imposed by internal political parties requisite when reqruitment process.

 

Key Words: Participation, Women, Politician, Legislative.

References


DAFTAR PUSTAKA

Cangara, Hafied. 2011. Komunikasi Politik. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Fakih, Mansour. 1999. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Hasbiansyah, O. 2008. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Jurnal Komunikasi “Mediator†Fikom Unisba vol.9. No.1.

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi: Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung:Widya Padjadjaran.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Soetjipto, Ani W. 1997. Berbagai Hambatan Partisipasi Wanita dalam Politik dalam Perempuan dan Pemberdayaan. Jakarta: Program Studi Kajian Wanita, ProgramPasca Sarjana Universitas Indonesia.

Suyanto, Issbodrorini. 1995. Peranan Sosialisasi Politik terhadap Partisipasi Politik Perempuan dalam Kajian Wanita dalam Pembangunan. Ihromi, T.O (Ed.). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

https://news.detik.com/berita/d-3617997/debat-kpu-vs-dpr-soal-keterwakilan-perempuan-30-untuk-pemilu

https://www.voaindonesia.com/a/keterwakilan-perempuan-di-dpr-masih-rendah-/3775044.html




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v6i2.1319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>