STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS PUNGKLUNG DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DI MASYARAKAT

Yudi Firmansyah, Femi Oktaviani

Abstract


ABSTRAK

 Punklung merupakan komunitas yang berpenampilan punk. Komunitas punklung yang berpenampilan punk pada awalnya dipandang negatif oleh masyarakat. Komunitas punklung berusaha membangun kembali budaya lokal yaitu calung sehingga mengubah pandangan negatif masyarakat terhadap komunitas punklung menjadi pandangan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi perencanaan pesan, pendekatan komunikasi dan pemilihan media yang digunakan komunitas punklung dalam membangun citra positif di masyarakat dengan menggunakan pendekatan studi kasus dimana fenomena individu beserta masalah yang dihadapinya dapat terselesaikan dan memperoleh perkembangan diri yang baik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh peneliti adalah bahwa dalam membangun citra possitif komunitas punklung, hal pertama dengan melakukan empat langkah dalam strategi komunikasi perencanaan pesan yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat yaitu tujuan, aksi, sumber daya, dan pelaksanaan. Kedua dalam strategi pendekatan komunikasi dengan menggunakan bahasa verbal dan non verbal yaitu dengan memperlihatkan senyuman dan bahasa yang sopan, masyarakat akan menghargai setiap informasi mengenai calung yang disampaikan oleh komunitas punklung. Ketiga dalam strategi komunikasi dengan pemilihan media yaitu dengan menggunakan media sosial seperti instagram, facebook, dan youtube untuk memperlihatkan aktifitas komunitas punklung dan juga eksistensi mereka dalam menjaga kearifan lokal.

 

Kata Kunci : Strategi komunikasi, komunitas pungklung, citra positif.

 

ABSTRACT

 THE COMMUNICATION STRATEGY OF PUNGKLUNG COMMUNITY

IN BUILDING THE POSITIVE IMAGE IN SOCIETY

 

Punklung is a punk-looking community. The punk-looking community, punklung, was initially viewed negatively by the public. The punklung community is trying to rebuild the local culture of calung so that they are able to change the negative view of society towards the punklung community into a better view. Therefore, this study aims to examine the communication strategy, messaging planning, communication approach and media selection used by punklung community in building positive image in society. This study uses a case study approach where the individual phenomenon and the problems it faces can be resolved and obtain a good self-development. Data completion technique is done by observation and interview. The result obtained by the researcher is that in building positive image of punklung community, the first thing is by doing four steps in communication strategy of message planning which can influence the people's perception that is objective, action, resources, and implementation. Second in the strategy of communication approach using verbal and nonverbal language that is by showing smile and polite language, people will appreciate any information about calung submitted by punklung community. Third in communication strategy with media selection is by using social media like instagram, facebook, and youtube to show activity of punklung community and also their existence in maintaining local wisdom.

 

Keyword :Communication of strategy, Punklung community, image positive.


References


DAFTAR PUSTAKA

Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Dominick, Joseph, R. 2000. The Dynamics of Mass Communication. New York: Random House.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya

Hafied Cangara. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Moleong, Lexy J..(2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengatar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2002. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Edisi Revisi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Yin, Robert K (2011). Studi Kasus: Desain dan Metode, (Jakarta: Raja Grafindo Persada).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v6i2.1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>