STRATEGI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA DAN JAMINAN KEMATIAN DI PT. TASPEN (PERSERO) KANTOR CABANG CIREBON

Febian Alfarizi, Moh Sutarjo, Welly Wihayati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi komunikasi, (2) Faktor pendukung, dan (3) Faktor penghambat dalam sosialisasi Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Cirebon. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi komunikasi dalam mensosialisasikan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dalam pelaksanaannya, instansi yang mengundang PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Cirebon untuk mengadakan sosialisasi. Kemudian Account Officer (AO) mengenali peserta yang akan mengikuti sosialisasi, setelah itu memilih media yang akan digunakan, menyusun materi yang akan disampaikan, dan peranan Account Officer (AO) selaku komunikator yang sudah memiliki kemampuan untuk melaksanakan sosialisasi tentang program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), (2) Program ini mendapat dukungan dari pihak-pihak tertentu seperti instansi pemerintah, mitra bayar, sarana dan prasarana juga yang disediakan untuk mendukung program ini, (3) Strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Cirebon sejauh ini tidak menemui hambatan, hanya masalah pengaturan waktu dan situasi kondisi yang kurang kondusif. 

Kata kunci: Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Program Jaminan Kematian, Sosialisasi,  Strategi Komunikasi.

 

ABSTRACT

 This study aims to determine: (1) communication Strategies, (2) supporting Factors, and (3) inhibiting Factors in the socialization Program, Accident insurance (JKK) and Death benefits (JKM) at PT. Taspen (Persero) Branch Cirebon. Researchers using qualitative research methods with descriptive approach. The research results show that: (1) communication Strategy in socializing program, Accident insurance (JKK) and Death benefits (JKM) in practice, the agencies invite PT. Taspen (Persero) Branch Cirebon to conduct socialization. Then the Account Officer (AO) to recognize the participants who will attend the socialization, after that choose the media that will be used, preparing the material to be presented, and the role of the Account Officer (AO) as a communicator that already has the ability to carry out socialization about the program, Accident insurance (JKK) and Death benefits (JKM), (2) the Program has the support of certain parties such as government agencies, partners, pay, facilities and infrastructure are also provided to support the program, (3) communication Strategy conducted by PT. Taspen (Persero) Branch Cirebon thus far have not encountered obstacles, just a matter of setting the time and situation conditions that are less conducive.

 Keywords: Work-related Accident, the insurance Program, Socialization, Communication Strategy.


References


DAFTAR PUSTAKA

Cultip, Scott M.,et.al. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_______, ____________. 2015. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Liliweri. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_______, ______. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas ekonomi Universitas Indonesia.

Suyanto, Narwoko. 2011. Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.

Wood, Julia T. dan Setiawan, Rio D. Komunikasi Interpersonal Interaksi Keseharian (Sixth Edition). Jakarta: Salemba Humanika.

Internet :

http://www.taspen.co.id/ (diunduh pada tanggal 26 Februari 2017 jam 20.56).

http://www.taspen.co.id/?page_id=221 (diunduh pada tanggal 27 Februari 2017 jam 22.34).

https://id.wikipedia.org/wiki/TASPEN (diunduh pada tanggal 21 Februari 2017 jam 20.03).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v6i2.1317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>