STRATEGI KOMUNIKASI YAYASAN KAMPUNG ROTAN GALMANTRO MELALUI BRAND IMAGE KAMPUNG WISATA ROTAN GALMANTRO DESA TEGALWANGI KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG
DOI:
https://doi.org/10.33603/signal.v6i2.1315Abstract
ABSTRAK
Kampung Wisata Rotan Galamntro telah dikembangkan dan dipublikasi sejak tahun 2016. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan Kampung Wisata Rotan Galmantro. Untuk mengetahui strategi komunikasi Yayasan kampung Wisata Rotan Galmantro, brand image atau Citra Kampung Wisata Rotan Galmantro, hambatan-hambatan dan upaya-upaya Yayasan kampung Wisata Rotan Galmantro dalam meningkatkan pengunjung melalui brand image tersebut. Metode penulisan yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan deskriptif, dengan lokasi penelitian di di Desa Teglwangi, Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukan bahwa Yayasan Kampung Wisata Rotan Galmantro telah melaksanakan beberapa langkah strategis dalam merusmuskan strategi komunikasi mulai dari kredibilitas sumber, mengenali sasaran, pemilihan media, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga pada pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini menunjukan bahwa Kampung Wisata Rotan Galamntro merupakan suatu kawasan industri yang kaya akan edukasi dan informasi mengenai rotan yang tidak terpublikasi, walaupun citra Galmantro sudah mendunia, masyarakat lokal khususnya Cirebon masih banyak yang belum mengetahui keberadaanya.
Â
Kata Kunci : Kampung Wisata Rotan Galmantro, brand image, pengunjung.
Â
ABSTRACT
Galmantro Rattan Tourism Village which has been developed and publicly published 2016. The reason in this research is that not many people know about the existence of Galmantro Rattan Tourism Village. To find out the communication strategy of Galmantro Rattan Tourism Village, brand image Galmantro Rattan Tourism Village, obstacles and efforts of Galmantro Rattan Tourism Village in increasing visitors through the brand image. Writing method used is qualitative through descriptive approach, with research location in the Tegalwangi Village, Weru, Cirebon. The results of the research show that Foundation of Galmantro Rattan Tourism Village has implemented several strategic steps in deciding communication strategy starting from source credibility, recognizing target, media selection, planning, organizing, executing to supervision and evaluation. This study shows that Galmantro Rattan Tourism Village is an industrial area have a many education and information about rattan that is not published, although the image Galmantro already worldwide, local people, especially Cirebon still many who do not know its existence.
Â
Key Words:Galmantro Rattan Tourism Village, brand image, Visitors.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Effendy, Onong Uchana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta. Kencana.
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mujanah, Siti. 2016. Jurnal. Strategi Pengembangan Desa Wisata Di Kawasan Hinterland Gunung Bromo Jawa Timur. Vol. 1, No.1. Bandung: Universitas Padjajaran.
Nicolino, Patricia. 2007. Brand Management. Jakarta: Prenada Media Group.
Rahmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Robinson, Richard dan John Pearce. 2013. Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.
Ruben, Brant D, Steward. 2006. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Raja Grafinfo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaksana, Uyung. 2007. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zakaria, Faris dan Rima Dewi. 2014. Jurnal. Konsep Pembangunan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Vol. 3, No.2. Samarinda: IAIN Samarinda
Lain-lain:
www.Radarcirebon.com
(Diakses pada hari Selasa, 20 Februari 2017, pukul 18.50 WIB)
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.