ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III PESERTA BPJS KESEHATAN DI RSUD GUNUNG JATI CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.33603/.v4i1.2648Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap Kelas III Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Gunung Jati Cirebon (studi kasus 01 Pebruari-31 Maret 2017). Pelaksanaan pelayanan yang diberikan oleh RSUD Gunung Jati Cirebon kepada pasien rawat inap kelas III peserta BPJS Kesehatan yang belum sesuai dengan Peraturan BPJS Kesehatan yang berlaku dikhawatirkan dapat mengakibatkan rasa tidak percaya yang muncul dari kalangan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Gunug Jati Cirebon. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi kepustakaan. Studi lapangan dilakukan melalui wawancara dengan pejabat RSUD Gunung Jati Cirebon yang berwenang menangani hal yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan pasien rawat inap kelas III peserta BPJS Kesehatan dan pasien rawat inap kelas III peserta BPJS Kesehatan. Studi kepustakaan diperoleh dari referensi buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen resmi, jurnal-jurnal, karya ilmiah, internet dan bahan kepustakaan lainnya yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik analisis data kualitatif dengan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu RSUD Gunung Jati Cirebon dalam proses pemberian pelayananya kepada pasien rawat inap kelas III peserta BPJS Kesehatan berdasarkan konsep Berwujud (Tangible), Kehandalan (Reliabillity), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Perhatian (Emphaty). Dari kelima konsep yang seharusnya berjalan baik namun hanya beberapa saja yang dapat dikatakan sudah berjalan dengan sesuai yaitu konsep Berwujud (Tangible), Perhatian (Emphaty). Adapun masalah yang dihadapi oleh RSUD Gunung Jati adalah tidak lengkapnya persyaratan yang harus dipenuhi oleh pasien rawat inap kelas III peserta BPJS Kesehatan, regulasi dari BPJS Kesehatan yang selalu berubah-ubah, minimnya komunikasi antar petugas, serta tidak lengkapnya sarana dan prasarana yang ada di RSUD Gunung Jati Cirebon.
References
Buku – Buku ;
Ariani, D Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
BPJS Kesehatan. 2014. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan
Basuki, Johanes. 2012. Budaya Pelayanan Publik. Jakarta: Hartomo Media Pustaka
Tjiptono, Fandi. 2005. Total Quality Service. Yogyakarta: Andi
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Hasibuan, Malayu S.P 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim, Amin. 2008.Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju
Irawan, Handi. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elek Media Komputindo
Moleong, J. Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_______________. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_______________. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moenir, H.A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta
Rahmayanty, Nina. 2012. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu
Ratminto dan Saptiwanarsih, Atik. 2007. Manajemen Pelayanan Umum.Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
________ . 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Sinambela, L. Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sunyoto, Danang. 2014. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS
Sutopo dan Suryanto, Adi. 2003. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia
Tjiptono, Fandy. 2007. Service Quality Satisfaction: Yogyakarta. Andi Ofset
B. Peraturan Perundang-Undangan.
UU No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS)
Peraturan BPJS No. 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan
Intruksi Presiden no 1 Tahun 1995 Tentang Perbaikan Dan Peningkatan Mutu Pelayanan
Permenkes No 982/92 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan RS
Permenkes RI No 99 Tahun 2015 Tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional
Peraturan Presiden No 28 Tahun 2016 Tentang Jaminan Kesehatan
Peraturan BPJS No 2 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan dan Denda Akibat Keterlambatan Pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan
C. Literatur.
BPJS Kesehatan
http://bpjs-kesehatan.go.id Diakses Sabtu 9 September 2016 Jam 20.3
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.