PENGARUH EFEKTIFITAS PENERAPAN SISTEM PERIZINAN ONLINE, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PERIZINAN PADA UNIT PELAKSANA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT

Zaman Zaini, Efendi -, Tuswoyo -

Sari


The purpose of this study is to evaluate the magnitude of the effect of the Effectiveness of the Application of the Online Licensing System, the Quality of Human Resources and Communication on the Quality of Licensing Services at the West Jakarta Administrative City One Stop Service Unit.The method of research approach uses descriptive quantitative, the number of samples is 68 people, the research approach used is the method of descriptive quantitative research approach, using the technique of Multiple Linear Regression and Multiple Correlation.Based on the results of the study prove that there is a significant influence between the Effectiveness of the Application of the Online Licensing System, the Quality of Human Resources and Organizational Communication on the Quality of Licensing Services at the West Jakarta Administrative City One Stop Service Unit. From the results of hypothesis testing, it shows that the Fcalculate is 24.292 > Ftable of 3.44, the results of this test mean that Ho is rejected and H1 is accepted. This shows that the Effectiveness of the Application of Online Licensing Systems, Quality of Human Resources and Organizational Communication together to the Quality of Licensing Services in West Jakarta Administrative One-Stop Services Unit Implementing Unit is 53.2% while the remaining 46.8% is influenced by other factors.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Abdullah, Hasim. 2015. Kepemimpinan, Budaya Organisasi, & Pelayanan Publik. Bandung : Lepsindo

Ardana, Komang, dkk. 2012, Perilaku Keorganisasian Edisi 2. Denpasar : Graha Ilmu.

Badriyah, Mila. 2015. Manajemen Sumber Daya manusia. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Bungin, Burhan H.M. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Prenadamedia Group

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Dimyati, Hamdan. 2014. Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Keputusan. Bandung : CV. Pustaka Setia

Edison, Emron, dkk 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV. Alfabeta

Fahmi, Irham. 2010. ManajemenKinerja.Bandung : CV. Alfabeta

……….2016.Perilaku Organisasi: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Bandung : CV. Alfabeta

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang : Universitas Diponegoro

Gunawan, Imam. 2018. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta : Rajawali Pers

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Istianto, Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media

Kadir. 2016. Statistika Terapan. Depok : PT. RajaGrafindo Persada

Kartono, Kartini. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rajawaligrafindo Persada

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manuasia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Alfabeta

Mulyadi, Muhammad. 2014. MetodePenelitianPraktis :KuantitatifdanKualitatif.Jakarta :Publica Institute

Priansa, Donni Juni. 2016. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung : CV Alfabeta

…….2017.Manajemen Kinerja Kepegawaian dalam Pengelolaan SDM Perusahaan. Bandung : CV. Pustaka Setia

Pujawan, I Nyoman. 2010. Supply chain management Edisi Kedua. Surabaya : Guna Widya.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Romli,Khomsahrial. 2011. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT Grasindo.

Rusdiana, M. Dr. H.A., & Moch. Irfan, S. M. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Rivai, Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi, Yogyakarta :Andi

Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok : Rajawali Pers

Sugiyono. 2011. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, danKombinasi (Mixed Methods).Bandung : CV. Alfabeta

…….2014. Statistika untuk penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Suparyadi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia: Menciptakan keunggulan Bersaing berbasis Kompetensi SDM. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Sutrisno, Edy. 2016. ManajemenSumberDayaManusia.Jakarta :KencanaPrenada Media Group

…….2015.Budaya Organisasi.Jakarta :KencanaPrenada Media Group

Sunyoto, Danang. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Center for Academic Publishing Service

Suwatno dan Priansa, Donni Juni. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta

Supranto. J. 1997. “Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan”. Jakarta: Rineka ipta.

Surjadi. 2012. Pembangunan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PT. Refika

Susilo Martoyo, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Sutedi, Adrian. 2011, Hukum Perizinan Dalam Sektor Pelayanan Publik, Sinar Grafika: Jakarta.

Sutrisno. Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Uha, Ismail Nawawi. 2015. Budaya Organisasi kepemimpinan & Kinerja. Jakarta : Prenadamedia Group

Umam, Khaerul. 2012. PerilakuOrganisasi.Bandung : CV. PustakaSetia

Umar, Husein. 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta : Rajawali Pers

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Yani. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Mitra Wacana Media

Yusuf, A. Muri. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group

Jurnal

Ahmodu-Tijani Ismail Shola, Zurina Bte Adnan, Shahrin Bin Saad (2017),Influence of Human Resources Management on Service Quality of Risk Business in Northwestern Nigeria, Journal of Business and Social Review in Emerging Economies ISSN: 2519-089X (E): 2519-0326Vol. 3, No 1, June 2017.(Diunduh tanggal 26 November 2018)

Bakri Hasan (2014), Analisis Komunikasi Organisasi Terhadap KualitasPelayanan Kantor Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor, JurnalReformasiAdministrasiSTIAMI Volume 1 No. 2 September 2014. (Diunduh tanggal 26 November 2018)

Cynthia Webster (Mississippi State University, Mississippi State, Mississippi, USA) (2009) "Effect of service provider's communication style on customer satisfaction in professional services setting: the moderating role of criticality and service nature", Journal of Services Marketing, Vol. 23 Issue: 2, pp.103-113).(Diunduh tanggal 5 November 2018)

H. Rahadian, Albertina Novi, Sri Sundari, Mary Ismowati (2018)Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Iklim Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat, Jurnal Transparasi STIAMI, E-ISSN 2622-0253Vol. 1, No. 1, Juni 2018, pp. 140-148.(Diunduh tanggal 19 November 2018)

Kartika,MaulidyaAnggi (2015)PengaruhKomunikasiTerhadapKualitasPelayanan (Studi pada Nasabah Bank Perkreditan Rakyat KaryajatnikaSadaya (BPRKS) Kantor CabangJln. KopoBihbul No. 166 Bandung), JurnalManagement - BachelorUniversitasWidyatama2015-12-05T04:34:23Z.(Diunduh tanggal 5 November 2018)

Lasma Lusiana Pasaribu (2012) Pengaruh Komunikasi Dan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Implementasi Kebijakan Bantuan Sosial Di Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, JurnalTransparansiSTIAMIVolume. IV No. 1 Maret 2012. (Diunduh tanggal 11 November 2018)

Mustika Retno Andrita, Nur Fitriyah, DB. Paranoan (2014) Pengaruh Kualitas Sumberdaya Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Perijinan Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda, Jurnal Administrative Reform (JAR), Vol.2 No.4,Desember 2014.(Diunduh tanggal 5 November 2018)

R. Surya Saptaraharja (2013) Pengaruh Komunikasi Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Tim Teknis Perizinan Terhadap Kualitas Pelayanan Penerbitan Izin Lokasi (StudiPada Badan Perizinan Terpadu (BPT) Kabupaten Bogor, Jurnal Transparasi STIAMI Volume. V No. 1 Maret 2013. (Diunduh tanggal 5 November 2018)

Rizka Mardiyanto dan Mary Ismowati (2017), Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang, Jurnal Transparasi STIAMIISSN 2085-1162 Volume 9, Nomor 02, September 2017.(Diunduh tanggal 26 November 2018)

Silfianti, Widya. (2011). Do Indonesian Province Website Rich and Popular?. World of Computer Science and Information Technology Journal (WCSIT) ISSN: 2221-0741. Vol. 1, No. 6. p.253-259.(Diunduh tanggal 11 November 2018)

Sri Suratno F.G. dan Nursya’ Bani Purnama. 2004, Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua, Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 7, No. 1, h.69-87.(Diunduh tanggal 5 November 2018)

Vathsala Wickramasinghe (Department of Management of Technology, University of Moratuwa, Moratuwa, Sri Lanka) (2015) Effects of human resource development practices on service quality of services offshore outsourcing firms", (International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 32 Issue: 7, pp.703-717).(Diunduh tanggal 5 November 2018)

Dokumen/Peraturan

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2006 TentangPedomanPenyelenggaraanPelayananTerpadu Satu Pintu.

Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Terpadu Satu Pintu.

Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 57 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 281 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v11i2.8875

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>