IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG PEDOMAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN KEARSIPAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN MALANG (STUDI PENGAWASAN KEARSIPAN INTERNAL PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN)

Kurnia Dewiyanti, Annisa Purwatiningsih, Ery Yusnita Arvianti, Agustinus Ghunu

Sari


Pengawasan Kearsipan merupakan proses kegiatan menilai kesesuaian antara prinsip,kaidah dan standar kearsipan dengan penyelenggaraan kearsipan. Pengawasan Kearsipan meliputi pengawasan atas pelaksanaan penyelenggaraan kearsipan dan penegakan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengawasan kearsipan internal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Model analisis George Edward III. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pengawasan kearsipan internal belum optimal. Beberapa indikator yang tidak terpenuhi yaitu pada indikator:(1)komunikasi masih ada ketidak konsistenan didalam menegakkan peraturan perundangan terkait kearsipan,(2)Sumber daya manusia masih belum tercukupi dari segi jumlah dan keahlian. Sumber daya berupa anggaran terlalu kecil.(3)Disposisi atau sikap pelaksana belum bisa sepenuhnya untuk menerapkan kode etik pengawas.(4)Struktur birokrasi belum sepenuhnya optimal.Tidak adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) tidak menjadi hambatan dalam pelaksanaan pengawasan kearsipan internal tetapi menyebabkan tim pengawas tidak mempunyai persamaan persepsi tentang alur atau tahapan-tahapan pelaksanaan pengawasan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Abdul Wahab, S. (2012). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Agustino, L. (2016). Dasar-Dasar Kebijakan Publik (Edisi Revisi). In Alfa Beta.

Daradjat, Z. (2012). Fasilitas Transportasi Konsumen. CV Alfabeta.

Handoyo, E. (2012). Kebijakan Publik. Kebijakan Publik Deliberatif, 9.

Kadji, Y. (2015). Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi Dalam Fakta Realitas. UNG Press.

Khoiron, A. K. dan A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Presindo.

Nugroho, R. (2014). Metode Penelitian Kebijakan. Pustaka Pelajar.

Nuryanti Mustari. (2015). Pemahaman Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. In Kebijakan Publik Deliberatif.

Riduwan. (2015). Buku Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta.

Rusli, B. (2013). Kebijakan Publik. Hakim Publishing.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Pustaka Jambi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Tahir, A. (2020). Kebijakan Publik dan Good Governancy. 1–174. UNG Press

Wahab, S. A. (2012). Analisis kebijakan: Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. In Jakarta: Bumi Aksara (Vol. 77).

Widodo, J. (2021). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik. In Malang: Bayu Media.

Peraturan

Peraturan Kepala ANRI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan

Peraturan Bupati Malang Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang

Jurnal

Herawan, L. (2019). Strategi Peningkatan Pengelolaan Arsip Melalui Pengawasan Kearsipan Intern. Jurnal Kearsipan, 14(2). https://doi.org/10.46836/jk.v14i2.144

Safitri, D., Damena, L., Sion, P., & Depok, U. I. (2021). Tinjauan Pengelolaan Arsip Ideal Kabupaten. 20.

Widyantika, I. Y., & Suliyati, T. (2019). Pengaruh pelaksanaan kegiatan pengawasan kearsipan oleh ANRI terhadap kualitas penyelenggaraan kearsipan pada Kementerian Desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3).

Wuryatmini, P. (2020). Upaya Kebijakan Dan Strategi Penyelenggaraan Kearsipan Mahkamah Konstitusi Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Pengawasan Kearsipan. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8616

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>