PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEMEJA PRIA MEREK BUON GIORNO

Ivania Alma Shanjaya, Munarsih Munarsih, Yhonanda Harsono

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada kemeja pria merek Buon Giorno di AEON Mall BSD. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket, populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Buon Giorno yaitu sebanyak 398 orang konsumen, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, dari hasil perhitungan diperoleh 80 orang konsumen yang dijadikan sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi serta uji t dan uji F dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh antara Citra Merek (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada kemeja pria merek Buon Giorno di AEON Mall BSD, hal ini dilihat dari hasil uji t dengan nilai thitung 11,908 > ttabel 1,991 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, kemudian juga terdapat pengaruh antara Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada kemeja pria merek Buon Giorno di AEON Mall BSD, hal ini dilihat dari hasil uji t dengan nilai thitung 12,050 > ttabel 1,991 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, serta yang ketiga terdapat pengaruh antara Citra Merek (X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada kemeja pria merek Buon Giorno di AEON Mall BSD, hal ini dilihat dari hasil uji f dengan nilai Fhitung 77,849 > Ftabel 3,97 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 maka Ho3 ditolak dan Ha3 diterima.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Undip.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kedelapan. Semarang: Universitas Dipoegoro.

Hermawan, H, B. E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: Nasya Expanding Management (NEM).

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Nugroho, D. (2017). Pengantar Manajemen untuk Organisasi Bisnis, Publik dan Nirlaba. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pusaka Setia.

Rohman, A. (2017). Dasar-dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media

Santoso, S. (2015). Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.

Sugiyanto, & Haryoko, U. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Yayasan Pendidikan dan Sosial. (YPSIM).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Edisi Kedua : Cetakan Ke-3. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran.

Yogyakarta: Andi.

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Jurnal :

Amilia, S., & Asmara Nst, M. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya.

Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Selular di IT Center Manado. Jurnal Emba.

Dipayanti, K. (2016). Analasis Pengaruh Produk, Promosi dan Harga Terhdap Keputusan Customer D- link Pada PT. Berca Computel. INOVASI Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 3(1), 60-77.

Effendy, A. A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan.

Jurnal Ilmiah Feasible.

Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan . Jurnal Islamic Education Manajemen, 4 (2), 209-

Iskandar, D., & Nasution, M. B. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Jurnal Umsu Snk.

Khumairo, Lukiana, N., & Kasim, K. T. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api di Lumajang. Progress Conference.

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis.

Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J., & Rogi,

M. H. (2021). Analisis Faktor- faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar di Era Normal Baru. Jurnal Emba.

Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk,

Harga dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik di Toko "Florensia" Kota Sawahlunto. Jurnal Matua.

Najib, A. G., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Fusion.

Oktarini, R. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Kinerja.

Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal Of Management.

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Sari, R. L., Mandey, S. L., & Soegoto, A.

S. (2014). Citra Merek, Harga dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal Emba.

Sjawal, B. P., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kafe (Studi Kasus Pada Konsumen Blen.Co Cafe Manado). Jurnal Emba.

Sofyan, S. (2017). Pengaruh Periklanan, Sales Promotion, Personal Selling dan Publicity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aksesoris Mobil (Studi Kasus Kilat Service Medan). Jurnal Smart.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri.

Sumiati, & Gea, D. (2021). Pengaruh Harga, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Bermerek Pada PT. Benofarm. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta.

Wanda, K. W. (2015). Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Mini Market Lulu Mart Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8609

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>